Klasifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Surabaya Dengan Pendekatan Regresi Logistik Multinomial Dan Random Forests

Rakhmawati, Ita (2015) Klasifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Surabaya Dengan Pendekatan Regresi Logistik Multinomial Dan Random Forests. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
-1311100058-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Surabaya merupakan kota yang padat penduduk disebabkan karena Surabaya sendiri sudah termasuk dalam 5 kota besar yang berkembang cukup pesat. Maka dapat dipastikan jumlah pendatang melonjak naik. Kepadatan penduduk juga akan menyebabkan kepadatan kendaraan yang tinggi sehingga mempunyai resiko kecelakaan yang tinggi. Berdasarkan data polrestabes Surabaya, pada tahun 2013 ada 854 kejadian kecelakaan lalu lintas di Surabaya. Adapun korban meninggal, luka berat, luka ringan akibat kecelakaan lalu lintas ada 208 korban, 317 korban dan 680 korban pada tahun 2013. Tingginya angka kecelakaan di Surabaya dengan berbagai kategorinya menjadi dasar pentingnya dilakukan penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi kategori kecelakaan tersebut. Penelitian ini menggunakan tujuh variabel prediktor yang diduga mempengaruhi korban kecelakaan lalu lintas. Data yang digunakan adalah data pada tahun 2013. Berdasarkan hasil analisis didapatkan variabel jenis kecelakaan, peran korban, kendaraan lawan, waktu dan usia berpengaruh signifikan terhadap korban kecelakaan lalu lintas. Ketepatan klasifikasi korban kecelakaan dengan regresi logistik multinomial sebesar 63,33 persen sedangkan random forests sebesar 58,33 persen sehingga metode yang baik digunakan pada kasus korban kecelakaan lalu lintas adalah regresi logistik multinomial. ===================================================================================================== Surabaya is a densely populated city due to Surabaya it self is included in the five major cities are growing quite rapidly. It is certain that the number of arrivals shot up. Population density will also cause a high density of vehicles that have a high risk of accidents. Based on data Polrestabes Surabaya in 2013 there were 854 traffic accidents in Surabaya. The fatalities, serious injuries, minor injuries caused by traffic accidents there are 208 victims, 317 victims and 680 victims in 2013. The high number of accidents in Surabaya with various categories became the basis of the importance of research on the factors influencing the accident categories. This research used seven predictor variables suspected to affect the victims of traffic accidents. The research use data in 2013. Based on the analysis results obtained variable types of accidents, the role of the victim, the opponent vehicle, time and age have a significant effect on the victims of traffic accidents. Classification accuracy of accident victims with multinomial logistic regression of 63.33 percent while the random forests of 58.33 percent, so a good method to use in case of traffic accident victims is multinomial logistic regression.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.536 Rak k
Uncontrolled Keywords: Korban Kecelakaan Lalu Lintas, Random Forests, Regresi Logistik Multinomial
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 28 May 2018 03:11
Last Modified: 28 May 2018 03:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51951

Actions (login required)

View Item View Item