Nuswandari, Aldhila Isti (2015) Analisis Profitabilitas Pelanggan Dengan Metode Activity Based Costing Pada Layanan Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2511101013-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Preview |
Text
2511101013-Presentation.pdf - Presentation Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dunia usaha yang semakin kompetitif saat ini menyebabkan setiap perusahaan, baik jasa maupun manufaktur, berusaha menerapkan strategi
terbaiknya untuk menarik konsumen. Salah satu perusahaan jasa yaitu rumah sakit. Tantangan yang dihadapi rumah sakit berkaitan dengan laba yang diperoleh dan tanggung jawab rumah sakit sebagai kegiatan sosial. Rumah sakit memerlukan laba untuk tetap bisa menjaga keberlangsungan dari rumah sakit itu
sendiri. Rumah sakit membutuhkan suatu cara dalam peluang mengoptimalkan pendapatan dan laba, salah satunya dengan mengetahui profitabilitas yang akan
diperoleh dari pelanggan atau pasiennya. Masing-masing rumah sakit memiliki jenis atau golongan pelanggan atau pasien yang berbeda-beda. Objek pada penelitian ini, yaitu Rumah Sakit Bhayangkara Tk.II H.S Samsoeri, memiliki beberapa golongan pelanggan, antara lain pasien dinas, pasien non dinas, pasien umum, dan pasien Ikatan Kerja Sama. Profitabilitas pelanggan dapat diketahui atau diperoleh dengan melakukan analisis profitabilitas pelanggan. Rumah sakit harus memiliki informasi biaya pelanggan dalam melakukan analisis profitabilitas pelanggan. Dalam memperoleh informasi biaya pelanggan yang akurat, dalam hal ini unit cost per tindakan, diperlukan penggunaan sistem perhitungan biaya yang sesuai. Unit cost yang dihasilkan akan digunakan untuk menentukan profitabilitas pelanggan. Sistem perhitungan biaya yang digunakan yaitu Activity Based Costing. Penggunaan metode Activity Based Costing (ABC) dapat meningkatkan pendekatan margin kontribusi tradisional dan kualitas pada analisis profitabilitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghitung profitabilitas pelanggan atau pasien pada Rumah Sakit Bhayangkara Tk.II dengan menggunakan sistem perhitungan biaya yaitu Activity Based Costing. Profitabilitas dari pasien BPJS kesehatan lebih besar dari pasien umum pada masa perawatan 5 hari sampai dengan 7 hari. Setelah masa perawatan mulai melewati 7 hari yang terjadi adalah sebaliknya, profitabilitas dari pasien umum lebih besar dari pasien BPJS
Kesehatan. ========== Today an increasingly competitive business world causes every company, both service and manufacturing, try to implement the best strategy to attract consumers. Hospital is one of the company service. Hospital has to face the challenge that has related profitability and responsibility as social activity. Hospitals need profit to maintain the continuity of the hospital itself. Hospitals need to do something in their opportunity to optimize revenue and profit, one of which is knowing the profitability that will be obtained from customers or patients. Each hospital has different type or class of customers or patients. The object of this research, Bhayangkara Hospitals Tk.II H.S. Samsoeri, has several
groups of customers, such as police officer and their family patients, non-official patient, public patients, and Cooperation Association patients. Customer profitability can be found by doing customer profitability analysis. The hospital must have cost information of customers to do customer profitability analysis. In obtaining an accurate customer cost information, in this case the unit cost per action, is required the use of an appropriate cost accounting system. Unit cost obtained from cost accounting system will be used to determine the profitability of customers. Activity Based Costing will be used as the appropriate cost accounting system. The use of Activity Based Costing (ABC) method can increase the approach of traditional contribution margin and the quality of customer profitability analysis. The purpose of this research is to calculate the profitability
of customers or patients in Bhayangkara Hospitals Tk.II using Activity Based Costing as its cost accounting system. Profitability of BPJS kesehatan patient is greater than the public patient during 5 day to 7 day treatments. After passing the 7 day treatment, the opposite happens. The profitability of public patients is greater than BPJS Kesehatan patients.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biaya; Unit cost; Activity Based Costing; Analisis Profitabilitas Pelanggan; Cost; Unit cost; Activity Based Costing; Customer Profitability Analysis |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB846.2 Cost benefit analysis |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 08:33 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 08:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/51971 |
Actions (login required)
View Item |