Prediksi Karakteristik Steering Dan Propulsi Kapal Sebagai Akibat Pemasangan Nosel (Annular Duct) Pada Propeller Dengan Pendekatan Matematis

Waluyo, Sugeng (1997) Prediksi Karakteristik Steering Dan Propulsi Kapal Sebagai Akibat Pemasangan Nosel (Annular Duct) Pada Propeller Dengan Pendekatan Matematis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4292100034-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Dalam sistem propulsi kapal beban gaya dorong yang tinggi akan memberikan effisiensi yang rendah demikian sebaliknya beban gaya dorong yang rendah akan memberikan effisiensi yang tinggi, dengan demikian effisiensi sistem propulsi dapat diperbaiki yang berarti peningkatan kualitas propulsif kapal yaitu dengan cara menurunkan beban gaya dorong propeller. Salah satu cara untuk menurunkan beban gaya dorong propeller adalah dengan cara memasang nose/ (annular duct) pada propellemya sehingga propeller berada di dalam suatu tabung. Dengan dipasangnya nose/ pada propeller akan terjadi peningkatan kecepatan a/iran air yang melalui propeller. Karena thrust yang dihasilkan propeller merupakan fungsi dari kecepatan a/iran air maka peningkatan kecepatan tersebut akan meningkatkan thrust yang dihasilkan propeller, dalam hal ini nose/ yang dipasang adalah nose/ type akselerasi (accelerating flow type) karena nose/ jenis ini mampu menghasilkan thrust yang positif. Pada akhimya pemasangan nose/ pada propeller tidak hanya memperbaiki karakteristik propulsif saja namun juga akan memperbaiki kualitas manuver kapal khususnya dalam hal steering yaitu dengan meningkatnya rate of turning (laju perputaran kapal) dan heading angle yang berarti bahwa pada saat kapal bermanuver dengan kecepatan dan yaw angle yang sama waktu yang diperlukan akan lebih kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.873 Wal p
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 29 Jun 2018 07:21
Last Modified: 29 Jun 2018 07:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52068

Actions (login required)

View Item View Item