Analisa Perbandingan Laju Korosi Pada Pengelasan Dengan Menggunakan Elektroda Yang Mengandung Mn (Manganese) Dan Elektroda Yang Mengandung Cr (Chromium) Pada Pelat Stainless Steel Tangki Kapal Tangker

Sitompul, Toga R (2000) Analisa Perbandingan Laju Korosi Pada Pengelasan Dengan Menggunakan Elektroda Yang Mengandung Mn (Manganese) Dan Elektroda Yang Mengandung Cr (Chromium) Pada Pelat Stainless Steel Tangki Kapal Tangker. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4195100064-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Lingkungan yang mengandung asam klorida sangat umum pada pabrik kimia dan pabrik petrokimia, seperti untuk memproduksi gas, oil, pulp dan kertas, dan cairan pembersih parse/in. Kebutuhan yang besar pada industri – industri tersebut membutuhkan a/at transportasi berkapasitas besar, seperti kapal tanker pengangkut bahan kimia. Pada tangki - tangki kapal tanker tersebut, untuk mengatasi korosi digunakan pelat stainless steel. Pelat stainless steel 3 I 6 L yang dilas dengan menggunakan e/ektroda yang mengandung Mn (manganese) dalam hal kekuatan dan ductility weld metal lebih baik performance-nya dari pengelasan dengan menggunakan elektroda yang mengandung Cr (chromium). Tetapi bagaimana kemampuan hasillas kedua jenis elektroda terse but ketahanannya terhadap korosi perlu dianalisa lebih jauh. Dalam tugas akhir ini akan di/akukan analisa perbandingan laju korosi pada penge/asan stainless steel 316 L dengan menggunakan elektroda yang mengandung Mn (manganese) dan elektroda yang mengandung Cr (chromium) dalam media pengkorosif asam klorida. Pengukuran laju korosi dilakukan dengan cara test polarisasi pada suhu ruang setelah dilakukan pengelasan SMA W menggunakan kedua jenis elektroda tersebut. Dan hasilnya menunjukkan laju korosi pengelasan dengan elektroda yang mengandung Mn (manganese) lebih tinggi dari elektroda yang mengandung Cr (chromium) yaitu 259,1 I mpy(mils per year) untuk elektroda mangan dan I 3, 65 mpy untuk elektroda chromium. Sehingga pengelasan dengan elektroda yang mengandung Mn(manganese) tidak cocok dalam lingkungan asam klorida.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.848 Sit a
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN752.I5 Steel--Heat treatment
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN879.6 Welding
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 03 Jul 2018 05:19
Last Modified: 03 Jul 2018 05:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52082

Actions (login required)

View Item View Item