Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Pengekstraksi Kaidah Asosiasi Dan Naive Bayes Berbasis Bahasa Predictive Model Markup Language Dengan Menggunakan Komponen Oracle9i Data Mining

Krisna, Adhitya (2004) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Pengekstraksi Kaidah Asosiasi Dan Naive Bayes Berbasis Bahasa Predictive Model Markup Language Dengan Menggunakan Komponen Oracle9i Data Mining. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5198100058-Undergraduate-thesis.pdf]
Preview
Text
5198100058-Undergraduate-thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Belakangan ini makin banyak teknologi baru data mining. Di antaranya yang menarik adalah keluarnya Oracle9i dan teknologi pemodelan dengan format Predictive Model Markup Language (PMML). Dengan Orac/e9i fungsi-fungsi data mining sudah terintegrasi dalam basisdata(disebut Oracle9i Data Mining), sehingga pengguna tidak perlu memikirkan algoritma apa yang dipakai. Sedangkan dengan ditemukannya standar penulisan model PMML akan mempermudah pengguna dalam hal membandingkan model terutama yang lintas platform. Sebagai tambahan, Oracle9i Data Mining menyediakan kemampuan untuk melakukan proses eksport dan import model dalam format PMML. Hubungan kedua teknologi, Oraclei9 Data Mining dan PMML, menjadi sebuah topik yang dibahas dalam tugas akhir ini. Dalam tugas akhir ini dieksplorasi obyek-obyek yang disediakan oleh Oracle9i Data Mining untuk mengeksplorasi fitur-fitur yang tersedia terutama fitur untuk pembuatan model, eksport ke PMML, dan import dari PMML. Karena untuk sementara Oracle9i Data Mining hanya mendukung eksport-import model dari algoritmat Kaidah Asosiasi dan Narve Bayes, maka dalam tugas akhir ini dibatasi hanya pada dua algoritma tersebut. Uji coba dilakukan terhadap data dalam jumlah besar maupun kecil. Pengujian yang dilakukan menunjukkan kemudahan cara pembuatan model, juga validitas model yang diimport maupun model yang dieksport.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Kri p
Uncontrolled Keywords: Oracle9i Data Mining, Predictive Model Markup Language (PMML), Kaidah Asosiasi, Narve Bayes
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Jul 2018 06:45
Last Modified: 04 Jul 2018 06:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52091

Actions (login required)

View Item View Item