Perencanaan Alur Pelayaran Selat Madura Dengan Menggunakan Metode Schijf

Suhartono, Mamik (2002) Perencanaan Alur Pelayaran Selat Madura Dengan Menggunakan Metode Schijf. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4397100017-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini mengkaji alur pelayaran barat Surabaya (APBS) dimana dari tahun ketahun arus kapal mengalami peningkatan, baik jumlah maupzm ukuran kapalnya. Untuk itu diperlukan perencanaan ukuran alur yang memadai sehingga dimasa-masa yang akan datang semua kapal yang akan berlabuh baik di Pelabuhan Gresik maupun Pelabuhan Tanjung Perak dapat berlayar dialur dengan aman. Tujuan Penulisan tugas aklzir ini adalah wztuk menentukan kedalwnan minimal alur pelayaran barat Suarabaya dengan pendekatan Schijf untuk kapal tunggal. Dalam menentukan kedalaman minimal alur ini terlebih dahulu dilakukan kajian mengenai besarnya squat (penurunan elevasi kapal) dan kecepatan maksimum kapal ketika berlayar dialur dengan menggunakan pendekatan Sch!Jf Selain itu juga dilakukan tinjauan mengenai besarnya amplitudo gerak couple heaving-pitching kapal dan dampaknya terhadap penentuan ukuran alur mininzal sesuai pendekatan Schijf Dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan pendekatan Schijf diperoleh besarnya squat maksimal kapal untuk lokasi di Tanjung Sawo (section f) dan Pelabuhan gresik (section -1) adalalz 1,862 m dengan kecepatan maksimal 8 mls. Untuk lokasi depan Kali Jvfertani, Kali Mireng, dan Kali Lamong (section 2, 3 dan 5) besarnya squat maksimal kapal adalah 1,31 m dengan kecepatan maksimal 6 m/s. Sedangkan besarnya amplitudo gerak kapal pada section 1 adalah 1,85 m dan pad a section 2, 3, 4 dan 5 adalah 0,13 m. Kedalaman minimal alur pelayaran baral Surahaya hasil perhitungan dengan pendekatan Schijf pada section 1 adalah 17,762 m, pada section 2, 3, dan 5 adalah 15,49 m, sedang pada section 4 adalah 16,042 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.2 Suh p
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:40
Last Modified: 09 Jul 2018 06:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52167

Actions (login required)

View Item View Item