Desain dan Implementasi MPPT Berbasis Algoritma Modified Incremental Conductance untuk Photovoltaic dengan Perubahan Iradiasi Matahari yang Cepat

Hakim, Ramadhan Muhammad (2018) Desain dan Implementasi MPPT Berbasis Algoritma Modified Incremental Conductance untuk Photovoltaic dengan Perubahan Iradiasi Matahari yang Cepat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2214100126-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Photovoltaic (PV) pada masa kini menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang sangat populer karena tidak membutuhkan biaya perawatan yang besar dan juga bebas emisi. Salah satu penerapan PV yaitu pada kendaraan listrik modern. Selain itu, PV juga dipasang pada kendaraan tanpa awak seperti pada Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan mobil bertenaga surya. PV sendiri memiliki karakteristik daya tertentu. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode untuk mengoptimalisasi daya yang dikeluarkan oleh PV. Metode ini dinamakan MPPT (Maximum Power Point Tracking). MPPT merupakan serangkaian konverter DC-DC yang dapat mengkondisikan tegangan kerja dari PV agar dapat mencapai daya maksimum. Pada kasus aplikasi pada UAV, PV mengalami perubahan iradiasi cahaya matahari yang cepat dikarenakan sifat mobilitas dari UAV itu sendiri. Hal ini menyebabkan perlunya implementasi metode MPPT dengan konvergensi yang cepat agar selalu tercapai daya maksimum di setiap kondisi iradiasi. Pada penelitian ini dirancang sebuah MPPT dengan metode Incremental Conductance yang dimodifikasi dengan faktor koreksi yang didapat dari nilai konduktansi PV. Dari hasil pengujian perubahan iradiasi dan perubahan beban didapatkan bahwa algoritma Mod-Inc memiliki efisiensi yang lebih tinggi daripada algoritma hill climbing. ============ Photovoltaic (PV) has become one of the most popular renewable energy sources due to its low maintenance and emission free characteristics. PV has been applied on many fields such as solar generating system and electric vehicle. In addition, PV has also been used to power UAV (Unmanned Aerial Vehicle) and solar powered vehicle. However, PV has a u nique voltage versus power characteristic. Therefore, in order to obtain maximum power from PV, it must be operated on the Vmpp (maximum power point voltage). A DC-DC converter with an algorithm (MPPT) is implemented to control the voltage of PV. PV installed on solar vehicle or UAV, undergoes a fast -varying solar irradiance due to its mobility. Due to this condition, a fast MPPT algorithm is necessary. In this project, an MPPT with modified incremental conductance is implemented. The result shows that the proposed algorithm reacts faster than conventional algorithm in fast changing solar irradiance. Result shows that the modified incremental conductance algorithm, compared to hill climbing algorithm, has better performance in changing irradiance, changing load and battery charging testing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MPPT; Incremental Conductance; Photovoltaic; DC-DC Converter
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.58 Algorithms
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1087 Photovoltaic power generation
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ramadhan Muhammad Hakim
Date Deposited: 12 Jul 2018 07:20
Last Modified: 12 Jul 2018 07:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52206

Actions (login required)

View Item View Item