Analisa Struktur Terumbu Karang Buatan (Artificial Coral Reefs) Sebagai Submerged Breakwater Pada Pantai Pasir Putih Situbondo

Pertiwi, Nawang Sri (2000) Analisa Struktur Terumbu Karang Buatan (Artificial Coral Reefs) Sebagai Submerged Breakwater Pada Pantai Pasir Putih Situbondo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4396100007-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Pantai yang diperuntukan untuk tujuan wisata pada umumnya menggunakan bangunan pelindung pantai berambang rendah (submerged breakwater). Dalam hal ini dapat menggunakan terumbu karang buatan (Artificial Coral Reef) yang tidak hanya berfungsi untuk proses perbaikan karang yang telah rusak dan tujuan ekonomis lainnya, tetapi dapat juga sebagai pereduksi gelombang sehingga dapat mengurangi proses kerusakan akibat gaya gelombang. Penempatan unitunit terumbu karang buatan beberapa waktu lalu di Pantai Pasir Putih Situbondo hampir semuanya memenuhi syarat kestabilan yaitu berat benda yang sesuai dengan syarat kesetimbangan (sesuai rumus) harus lebih kecil bila dibandingkan dengan berat benda aslinya (W'), sehingga diharapkan terumbu-terumbu tersebut tidak berpindah tempat. Tetapi bila dilihat dari kemampuan mereduksi gelombang temyata tidak mempunyai pengaruh yang significant. Hal ini dikarenakan terumbu yang terpasang mempunyai rata-rata tinggi 0.85 meter maka gelombang yang menjalar diatasnya juga tidak banyak mengalami perubahan karateristik jika dibandingkan tidak ada terumbu buatan. Penyebabnya karena semakin tinggi air di atas puncak semakin besar gelombang yang dilewatkan karena energi tertahan semakin kecil. Bila dengan jumlah unit-unit yang sama pada pemasangan sebelumnya diusahakan dapat m.ereduksi tinggi gelombang yang cukup signifikant tetapi tetap memperhatikan nilai kestabilan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merubah tinggi terumbu. Dari rata-rata tinggi terumbu yang direncanakan yaitu 3 meter, 2 meter dan 1. 5 meter maka direkomendasikan rata-rata tinggi terumbu buatan 3 meter yang mempunyai kemampuan untuk mengurangi tinggi gelombang paling besar yaitu 75.1 7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.24 Per a
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 16 Jul 2018 03:30
Last Modified: 16 Jul 2018 03:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52254

Actions (login required)

View Item View Item