Evaluasi Kinerja Trayek Lyn BJ Jurusan Terminal Benowo Jembatan Merah Plaza Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur

Saputro, Romi Eko (2018) Evaluasi Kinerja Trayek Lyn BJ Jurusan Terminal Benowo Jembatan Merah Plaza Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111715000005-Non_Degree.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Angkutan umum perkotaan adalah salah satu kendaraan yang dibutuhkan oleh masyarakat , seperti Lyn Bj (Terminal Benowo – Jembatan Merah Plaza) . Akan tetapi Lyn yang beroperasi di Surabaya kebanyakan milik perseorangan, sehingga keberangkatanya sangat tidak menentu dan jadwal diatur sendiri oleh supir yaitu dengan menunggu lyn tersebut penuh terlebih dahulu, dan waktu tempuh menjadi lama dengan seiring memenuhi lyn tersebut, Sehingga sangat mempengaruhi kinerja Lyn Bj pada tahun 2018 sampai dengan tahun 2023. Untuk menentukan Kinerja trayek atau pola pergerakan perjalanan (trip distribusi) penumpang pada tahun 2023 mendatang diprediksi menggunakan metode furness dalam bentuk Matriks Asal Tujuan (MAT) dan model Analogi Fluida. Hasil dari analisis kinerja Lyn Bj tahun 2018 dan pada tahun 2023 ditentukan load factor sebesar 0.5 agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Besarnya Nilai iii load factor mempengaruhi headway dan jumlah armada lyn BJ. Tahun 2018 kebutuhan kendaraan dengan load factor 0.5 adalah 152 kendaraan dengan headway 9 menit pada hari aktif dan 255 kendaraan dengan headway 5 menit pada hari libur. Sedangkan pada 5 tahun kedepan yaitu tahun 2023 berjumlah 141 kendaraan dengan headway 9 menit pada hari aktif dan 200 kendaraan dengan headway 7 menit pada hari libur. Kenyataannya sesuai ijin trayek terdapat armada sebanyak 140 unit sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah armada Lyn Bj belum mencukupi. ============ Urban public transportation is one of the vehicles needed by the community, such as Lyn Bj (Terminal Benowo - Jembatan Merah Plaza). However, Lyn, who operates in Surabaya, is mostly owned by an individual, so the departure is very uncertain and the schedule is arranged by the driver by waiting for the full lyn first, and the travel time becomes long with the lyn, so it affects Lyn Bj's performance in the year 2018 to 2023. To determine the performance of passenger trajectory or passenger trip motion in 2023 is predicted to use furness method in the form of Destination Matrix of Destination (MAT) and Fluid Analogue model. The results of Lyn Bj's performance analysis in 2018 and in 2023 determined the load factor of 0.5 so that both parties no one feels aggrieved. The amount of load factor affects the headway and the number of BJ lyn's fleet. By 2018 the need for vehicles with a load factor of 0.5 is 152 vehicles with a 9 minute headway on active day and 255 vehicles with a 5 minute headway on holiday. While in the next 5 years is the year 2023 amounted to 141 vehicles with 9 minutes headway on active day and 200 vehicles with 7 minutes headway on holiday. The fact is according to the route permit there is a fleet of 140 units so it can be concluded that the number of Lyn Bj fleet is not sufficient.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: angkutan umum perkotaan, model analogi fluida, metode furness, urban public transport, fluid analogy model, furness method
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (D4) Diploma 4
Depositing User: Romi Eko Saputro
Date Deposited: 01 Aug 2018 13:50
Last Modified: 01 Aug 2018 13:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52271

Actions (login required)

View Item View Item