Studi Kasus Penurunan Kebisingan Di Kamar Mesin Pada Kapal Jet Foil Bima Samudera

Andriyanto, Swasono Teguh (1997) Studi Kasus Penurunan Kebisingan Di Kamar Mesin Pada Kapal Jet Foil Bima Samudera. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4292100013-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4292100013-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pada perencanaan sistem penurun kebisingan di atas kapal, khususnya dt kamar mesin, diperlukan suatu langkah-langkah tertentu untuk mendapatkan tingkat kebisingan di kamar mesin. Perhitungan tingkat kebisingan secara teoritis ( berdasarkan rumus yang ada ) diperlukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kebisingan yang ditimbulkan oleh sejumlah peralatan pennesinan yang ada di kamar mesin. Dimana pada setiap peralatan pennesinan dihitung masing-masing tingkat kebisingannya. Setelah didapat tingkat kebisingan dari masing-masing peralatan/ pennesinan, tersebut kemudian dihitung total tingkat kebisingan yang ditimbulkan di kamar mesin. Setelah didapatkan total tingkat kebisingan yang ditimbulkan di kamar mesin, kemudian dibandingkan dengan tingkat kebisingan referensi yang diijinkan untuk di kamar mesm, yaitu 90 dB ( IMO )
Sedangkan perhitungan tingkat kebisingan itu sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode atau cara. Metode yang pertama adalah Metode Penjumlahan/ Penguranagan secara gratis yang merupakan metode yang sederhana, dan terbatas hanya pada selisih tingkat kebisingan tertentu. Sedangkan metode kedua adalah dengan Metode Logaritma.
Pada penulisan tugas akhir ini karni gunakan metode yang kedua, untuk mendapatkan tingkat akurasi yang lebih baik dan sesuai dengan yang karni inginkan. Sedangkan pengukuran tingkat kebisingan ini karni lakukan pada tiga kondisi, yaitu pada saat sandar, take-off dan pada kondisi pelayaran dinas. Kemudian dari kedua kondisi tersebut dipilih yang memilikki tingkat kebisingan yang terbesar, untuk mendapatkan solusi dari metode penurunan kebisingan di kamar mesin setelah kita ketahui pula data data sistem penurun kebisingan di kamar mesin yang ada. Dari sini akan dapat diketahui tingkat kebisingan di kamar mesin setelah mengalami proses penurunan kebisingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.87 And s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:13
Last Modified: 16 Jul 2018 07:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52277

Actions (login required)

View Item View Item