Audit Manajemen Insiden Pada Unit Teknologi Sistem Informasi Menggunakan COBIT 5 DSS02 Pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya

Maharani, Adhiska Putri (2018) Audit Manajemen Insiden Pada Unit Teknologi Sistem Informasi Menggunakan COBIT 5 DSS02 Pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211440000099-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211440000099-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pembuatan Audit Mana-jemen Insiden Pada Unit Teknologi Sistem Informasi Menggunakan COBIT 5 DSS02 Pada Service Desk pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. PDAM Surya Sembada Kota Surabaya merupakan salah satu unit usaha milik daerah, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. PDAM terdapat disetiap provinsi,kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia.Sebagai salah satu BUMD atau bisa disebut Badan Usaha Milik Negara yang memiliki keterkaitan dalam bidang IT pada setiap proses bisnis yang ada, tidak jarang juga menimbulkan gangguan atau insiden yang mengakibatkan menurunnya kualitas layanan pada service desk unit teknologi system informasi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.Ka-rena belum adanya perangkat yang digunakan untuk melakukan audit service desk berdasarkan COBIT 5 menggunakan best practice pada service desk mereka.
Tujuan untuk penelitian ini melakukan Audti Sistem Informasi yang baik dan mudah digunakan diperlukan analisis baik inter-nal maupun external pada pihak service desk PDAM Surya Sembada agar dapat membantu pengembangan TI secara opti-mal sesuai best practice dan dapat dijalankan sesuai dengan standart. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, dilakukan be-berapa langkah. pertama dengan melakukan pemetaan proses dan control objective yang menghasilkan analisis kondisi
vi
kekinian pada service desk menggunakan COBIT 5 kedua dil-akukan pengumpulan data terkait risiko. Ketiga mengumpulka data terkait risiko yang. Keempat,akan dianalisis risikonya.Kelima akan dilakukan pemetaan risiko dan control objective untuk diverifikasi untuk menghasilkan temuan audit yang keenam,akan ditentukan tingkat risikonya berdasarkan best practice dan akan dihasilkan rekomendasi dari hasil temuan audit.
Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah dokumen Audit service standart pada service desk PDAM Surya Sembada yang disusun berdasarkan best practice COBIT 5.
================================================================================================
This research discuss about Audit Incident Management In Unit Technology Information System Using COBIT 5 DSS02 in PDAM Surya Sembada Surabaya. PDAM Surya Sembada Su-rabaya is one of the regional owned business units, which is engaged in air distribution for the general public. PDAMs in every province, district, and city throughout Indonesia. As one of the BUMD or can be called State-Owned Enterprises that have interrelations in the field of IT in every existing process, not infrequently also cause problems. desk service unit of infor-mation system technology PDAM Surya Sembada Kota Sura-baya.Karena no body to conduct audit service desk based on COBIT 5 using best practice at their service desk.
The purpose of the program that performs a good and easy to use Good Information System audit both internally and exter-nally on the Surya Sembada PDAM service desk in order to as-sist the development of IT optimally according to best practice and can be run in accordance with the standards. To achieve that goal, several steps are taken. first by performing the pro-cess and controlling the objectives that resulted in the current state of the service table using the second COBIT 5 conducted with respect to the relevant data. Thirdly collect risk-related data. Fourth, the risks will be analyzed. Fifth will mapping and goal control to identify the six audit findings, the level of risk will be determined based on best practice and will result in rec-ommendations from audit findings.
The result of this final project is the standard document of Audit service at PDAM Surya Sembada service desk which is based on best practice COBIT 5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Audit, Servce Desk, Cobit 5, Insiden
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Maharani Adhiska Putri
Date Deposited: 09 Aug 2021 21:55
Last Modified: 09 Aug 2021 21:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52337

Actions (login required)

View Item View Item