Studi Pengaruh Kurs Dollar Rupiah Terhadap Biaya Material Utama Kapal Tanker

Pramudita, Rakhmanara Mahapradana (2002) Studi Pengaruh Kurs Dollar Rupiah Terhadap Biaya Material Utama Kapal Tanker. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4196100004-Undergraduated Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Fluktuasi kurs dollar-rupiah yang terjadi akan sangat mempengaruhi biaya pembuatan kapal. Hal ini dikarenakan material yang dipakai pada kapal terutama permesinan sebagian besar masih impor sehingga untuk pembeliannya dengan menggunakan mata uang dollar. Rentang waktu yang ada selama pembuatan kapal memungkinkan terjadinya perubahan atas kurs Dollar-Rupiah. Perubahan ini menyebabkan cash flow anggaran pembuatan kapal juga berubah terutama untuk material impor dengan nilai kontrak dalam mata uang Rupiah. Supaya selama proses produksi galangan tidak mengalami defisit anggaran, maka perlu direncanakan termin (cicilan) pembayaran dari pemesan kapal. Termin pembayaran yang sesuai adalah termin pembayaran dimana cicilan dapat dipergunakan untuk melakukan proses produksi selama rentang waktu sampai dengan termin selanjutnya. Untuk mengantisipasi fluktuasi kurs yang tajam yang dapat merugikan galangan ataupun pemilik kapal, maka perlu ditambahkan klausul baru pada kontrak perjanjian yang memungkinkan dilakukan negosiasi ulang nilai kontrak apabila fluktuasi telah melewati batas-batas tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.82 Pra s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:07
Last Modified: 18 Jul 2018 07:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52360

Actions (login required)

View Item View Item