Miratno, Purbo (2000) Analisis Stabilitas Kapal Penumpang Pax-500 Apabila Kompartementnya Mengalami Kebocoran. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4192100038-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version Download (28MB) | Preview |
Abstract
Letak titik berat kapal yang free floating merupakan hal yang terpenting dalam penentuan stabilitas static suatu kapal dan respond kapal pada pembebanan dinamis. Dari tiga ukuran titikberat kapal, yaitu : YCG/KG, TCG, dan LCG, KG merupakan titik berat kapal yang sangat dominan dalam perhitungan stabilitas melintang kapal. Ketiga titik tersebut akan berubah jika terjadi penambahan sarat, atau pergeseran muatan. Penambahan sarat dan pergeseran muatan bisa disebabkan oleh banyak hal. seperti karena kecelakaan.
Salah satu akibat yang terjadi dari kecelakaan kapal adalah bocomya bagian badan kapal. Dengan bocomya badan kapal menyebabkan bertambahnya sarat kapal dan pergeseran muatan. Kejadian tersebut tentunya juga mempengaruhi stabilitas kapal.
Dalam tugas akhir ini, dicoba untuk menganalisis stabilitas kapal penurn pang PAX 500 buatan PT PAL apabila satu atau dua kompartementnya mengalami kebocoran. Hasil perhitungan yang diperoleh bisa memberikan gambaran apakah kapal tersebut masih mampu untuk berlayar atau tidak
Tujuan penulisan untuk rncngctahui stabilitas kapal setelah satu atau dua kornpartemennya mengalami kebocoran, sehingga kemungkinan yang paling buruk vaitu tenggclamnya kapal bisa dihindari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.812 Mir a |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 03:49 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 03:49 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/52465 |
Actions (login required)
View Item |