Modifikasi Desain Jalan Lingkar Luar Timur STA 13+000 s.d STA 16+000 Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur dengan Menggunakan Perkerasan Kaku

Rachmansyah, Ilham Adi and Arifani, Ria (2018) Modifikasi Desain Jalan Lingkar Luar Timur STA 13+000 s.d STA 16+000 Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur dengan Menggunakan Perkerasan Kaku. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111500000026_10111500000034-Non_Degree.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Jalan raya merupakan prasarana transportasi yang memiliki peranan utama dalam menghubungkan satu kawasan dengan kawasan lainnya. Terutama untuk kesinambungan barang dan jasa. Keberadaan jalan raya sangat diperlukan untuk menunjang laju pertumbuhan perekonomian di setiap daerah, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan sarana transportasi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembangunan jalan baru untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang telah terjadi. Salah satu upaya pemerintah kota Surabaya untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan membuat rancangan pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya. Pembangunan jalan baru Lingkar Luar Timur Surabaya terbagi menjadi 2 bagian yaitu main road dan frontage road. Perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya ini menggunakan metode perkerasan kaku (rigid pevement) pada main road dengan umur rencana 30 tahun. Metode yang digunakan pada perencanaan jalan ini meliputi analisa kapasitas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997, perhitungan perencanaan tebal perkerasan kaku menggunakan petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Beton Semen SNI Pd T-14-2003), kontrol geometrikjalan menggunakan Perencanaan Geometrik Jalan RSNI T-14-2004, perencanaan drainase dengan menggunakan Perencanaan Drainase Permukaan Jalan SNI 03-3424-1994, penggambaran geometrik jalan (Long Section dan Cross Section) pada segmen jalan yang direncanakan, meyusun metode pelaksanaan dan menghitung rencana anggaran biaya menggunakan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) Surabaya tahun 2018. Dari hasil perhitungan pada main road desain jalan Lingkar Luar Timur Surabaya direncanakan memiliki 2 jalur 6 lajur terbagi dengan lebar 3,6 m setiap lajur serta nilai kapasitas sebesar 14.960 smp/jam, dan pada akhir umur rencana (tahun 2047), derajat kejenuhan sebesar 0,699. Perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya pada main road menggunakan perkerasan kaku dengan umur rencana 30 tahun serta pondasi bawah menggunakan Campuran Beton Kurus (CBK) sebesar 12,5 cm dan tebal perkerasan beton sebesar 24 cm tanpa tulangan. Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk proyek pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur STA 13+000 s.d STA 16+000 sebesar Rp 180.029.934.648,00. (Terbilang Seratus Delapan Puluh Milyar Dua puluh Sembilan Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Empat Ribu Enam Ratus Empat Puluh Delapan Rupiah). ============ Road is an infrastructure that has main role to connect from one region to the others. Especially for continuity of goods and services. Existency of the road is very needed for support economic growth rate on every region, along with the growth of transportation. Therefore, development of the road is needed for solving the problems that happen. One of the government’s effort to realizes it is with makes design for Outer East Ring Road of Surabaya (OERR) project. Outer East Ring Road of Surabaya (OERR) project divided into 2 parts; main road and frontage road. the method that used for The design of Outer East Ring Road of Surabaya (OERR) is Rigid Pavement in the main road with 30 years age plan. The method that used for this road’s design including road’s capacity using Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), 1997; the design calculation of the thickness of rigid pavement using instruction Tebal Perkerasan Kaku Jalan Beton Semen SNI Pd T-14-2003); the geometric control of the road using Perencanaan Geometrik Jalan RSNI T-14-2004; the drainage design using Perencanaan Drainase Permukaan Jalan SNI 03-3424-1994; the depiction of road geometric (Long Section dan Cross Section) on the road segment that planned; arrange implementation method and calculate the budget plan using Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) Surabaya 2018. From the calculate result in main road road’s design Outer East Ring Road of Surabaya (OERR) will having 2 line and 6 lanes that divided with the road’s wide is 3,6 m per lane and the capacity of 14.960 smp/hour, and at the end of age plan (2047), the degree of saturation is 0,699. The design of Outer East Ring Road of Surabaya (OERR) on the main road using rigid pavement with 30 years age plan and the bottom foundation using the mix of lean concrete (LN) is 12,5 cm and the thickness of concrete pavement is 24 cm without rebar. The budget plan that needed for Outer East Ring Road of Surabaya (OERR) project STA 13+000 s.d STA 16+000 is Rp 180.029.934.648,00. (Spelled One Hundred And Eighty Billion Twenty Nine Million Nine Hundred Thirty Four Thousand And Six Hundred Fourthy Eight Rupiahs).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rigid Pavement, Outer East Ring Road, drainage design, frontage road.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE215 Drainage
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering
Depositing User: Ria Arifani
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:57
Last Modified: 07 Sep 2018 08:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52480

Actions (login required)

View Item View Item