Analisa Pengelasan Tanpa Persiapan Sisi Dengan Las Saw Pada Baja SS 41

Fierlianantyo, Sterie (1996) Analisa Pengelasan Tanpa Persiapan Sisi Dengan Las Saw Pada Baja SS 41. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4191100010_Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Secara umum pengelasan dengan las SAW (Submerged Arc Welding) pada sambungan butt joint terlebih dahulu dilakukan persiapan sisi. Hal ini dilakukan karena untuk menghindari kemungkinan terjadinya beberapa cacat seperti penetrasi yang kurang baik atau slag inclusion. Pada perkembangan berikutnya karena ada beberapa alasan terutama karena alasan efisiensi produk kemudian dicoba untuk melakukan pengelasan tanpa melakukan persiapan sisi atau kadang disebut pengelasan celah sempit. Dari beberapa literatur dijelaskan bahwa pengelasan tanpa persiapan sisi dapat dilakukan dengan beberapa variasi cara pengelasan seperti misalnya pengelasan dengan satu, dua, atau tiga elektrode. Dalam tugas akhir ini dilakukan analisa terhadap kemungkinan terjadinya cacat dan sifat-sifat material dari hasil pengelasan tanpa persiapan sisi. Hasil dari pengelasan ini akan dibandingkan dengan salah satu cara pengelasan yang sudah umum yaitu dengan persiapan sisi. Pengujian yang dilakukan berupi uji X-ray, uji tarik, dan uji impact. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar cacat yang ditimbulkan karena pengelasan tanpa persiapan sisi dan tinjauan dari segi biaya produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSke 671.521 2 Fie a
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN879.6 Welding
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:58
Last Modified: 18 Jul 2018 07:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52505

Actions (login required)

View Item View Item