Analisa Keandalan Struktur Terapung Akibat Pembebanan Memanjang

Wagey, Franciscus N. (1996) Analisa Keandalan Struktur Terapung Akibat Pembebanan Memanjang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4390100027-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini merupakan studi perancangan untuk mengetahui tingkat keselamatan struktur apung dengan pertimbangan kekuatan memanjangnya. Penilaian ini menggunakan dua metode yaitu metode semi probabilistic dengan menerapkan prosedur perhitungan Advanced First Order Second Moment Method (AFOSM) dan simulasi komputer dengan metode Monte Carlo. Studi kasus untuk menerapkan kedua metode ini telah dipilih untuk kapal penumpang Pax-500 buatan PT. PAI Indonesia yang rancang bangunnya dilakukan sepenuhnya oleh para ahli perkapalan Indonesia. Kedua metode ini diterapkan untuk mode kegagalan First Yielding pada konstruksi geladak utama di bawah kondisi pembebanan yang diperoleh dari data PT. PAI Indonesia untuk Still Water Bendung Moment, dan dari ABS’96 untuk Wave Bendung Moment. Perhitungan dilakukan untuk jarak konstruksi geladak utama dengan sumbu netral (y) 4,89 m dan momen inersia (I) -7,55 m4 Untuk target Indeks Keselamatan (β) 3,0-4,0 pada kondisi pembebanan sekitar 100018 Kn.M (dari perhitungan beban gelombang dengan ABS’96, dan data PT. PAI Indonesia), hasil komputasi dengan prosedur AFOSM dan simulasi Monte Carlo mengisyaratkan penggunaan Yielding Point yang sama sekitar 200 N mm2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSke 623.824 3 Wag a
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 25 Jul 2018 03:08
Last Modified: 25 Jul 2018 03:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52540

Actions (login required)

View Item View Item