Pengaruh Safety Leadership Terhadap Safety Climate Dan Safety Culture Pada Pembangkit Listrik (Studi Pada Pusat Listrik Tenaga uap UBJOM Pacitan)

., Dedy (2018) Pengaruh Safety Leadership Terhadap Safety Climate Dan Safety Culture Pada Pembangkit Listrik (Studi Pada Pusat Listrik Tenaga uap UBJOM Pacitan). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02911650015032-Master_Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan keselamatan terhadap tenaga kerja di pembangkit listrik berbahan bakar batu bara masih jauh dari yang diharapkan dikarenakan masih terdapat kecelakaan kerja hingga menimbulkan korban jiwa. Pemahaman dan budaya perusahaan terhadap penerapan nilai – nilai keselamatan kerja masih cukup kurang. Faktor kepemimpinan dalam implementasi safety atau safety leadership pada proses bisnis pembangkit listrik belum sepenuhnya dipahami oleh level manajemen sebagai sesuatu yang penting untuk menciptakan iklim kerja yang berbasis keselamatan atau safety climate. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara safety leadership terhadap safety culture, safety leadership terhadap safety climate dan safety culture terhadap safety climate serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk membangun budaya kesematan melalui safety leadership. Desain penelitian ini menggunakan cara pengumpulan data sampel melalui kuesioner dan wawancara. Sampel adalah karyawan yang bekerja di pembangkit listrik berbahan bakar batu bara di Jawa Timur dengan kriteria masa kerja minimal 1 tahun, berusia antara 20 – 50 tahun dan pendidikan minimal SMA/SMK. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dibantu dengan PLS. Teknik penentuan unit sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa safety leadership secara langsung berpengaruh signifikan terhadap safety climate dan safety culture. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan bagi perusahaan untuk terus melakukan peningkatan safety leadership terutama dalam komunikasi pada karyawan sehingga diharapkan terwujud safety culture di pembangkit listrik dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: safety leadership, safety climate, safety culture, metode SEM, Pembangkit listrik, safety leadership, safety climate, safety culture, SEM method, Power plant.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > (S2) Master Theses
Depositing User: Dedy .
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:35
Last Modified: 18 Oct 2018 16:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52808

Actions (login required)

View Item View Item