Desain Struktur dan Metode Pelaksanaan Piled Slab dengan Half Slab Precast dan Bracing pada Pile Proyek Relokasi Jalan Tol Porong-Gempol Paket 1 Sta 37+350 – 37+700 Sidoarjo – Jawa Timur

Baroroh, Ismi (2018) Desain Struktur dan Metode Pelaksanaan Piled Slab dengan Half Slab Precast dan Bracing pada Pile Proyek Relokasi Jalan Tol Porong-Gempol Paket 1 Sta 37+350 – 37+700 Sidoarjo – Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111715000012-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Proyek relokasi jalan tol Porong – Gempol paket 1 mempunyai panjang ± 3.8 km, dibangun di ruas tol Porong – Gempol Kelurahan Ketapang, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Jalan tol tersebut harus melewati daerah dengan kondisi tanah lunak, sehingga digunakan struktur piled slab pada hampir seluruh bagian jalan tol dan digunakan jembatan-jembatan bentang pendek pada sungai, saluran irigasi, pipa gas serta saluran lumpur lapindo. Struktur piled slab ini menggunakan sistem pile grup slab, yaitu modifikasi terhadap struktur piled slab untuk bisa digunakan pada ketinggian elevasi jalan mencapai 11 m tergantung pada kondisi tanah dan pembebanan struktur. Modifikasi dilakukan dengan mengelompokkan piled slab menjadi satu pile grup dan memasang bracing terhadap arah transversal maupun longitudinal. Setiap pile grup terdiri dari 2 baris pile dengan jarak 3 m dan jarak antar pile grup adalah 6 m. Sehingga menggunakan tipe half slab precast dengan jarak segmen 3 dan 6 meter. Struktur piled slab ini memiliki free standing tiang pancang yang bervariasi. Namun, sistem struktur piled slab tol Porong-Gempol ini di batasi penggunaannya sampai dengan free standing 8 meter saja. Standart Pembebanan pada struktur mengacu pada SNI 1725:2016 (Pembebanan untuk jembatan), sedangakan untuk standart beban gempa mengacu pada SNI 2833:2016 (Perencanaan jembatan terhadap beban gempa) serta perhitungan struktur atas dan bawah menggunakan SNI T-12-2004 (Perencanaan struktur beton untuk jembatan) dan peraturan penunjang lainnya. Struktur piled slab terdiri dari slab, pierhead dan pondasi tiang pancang. Permodelan pondasi tiang pancang menggunakan model tumpuan pegas elastis, yang dapat mempresentasikan daya dukung tanah terhadap pondasi tiang pancang, namun untuk menghindari goyangan yang berlebih pada struktur ke arah horisontal, maka perlu menambah kekakuan lateral struktur dengan ditambahkan rangka pengaku (bracing) pada pile dari material baja. Sehingga pergoyangan pondasi tiang pancang baik pada permukaan tanah maupun di atas permukaan tanah masih memenuhi syarat difleksi maksimum. ================== The Porong - Gempol toll road relocation project has a length of ± 3.8 km, built on the Porong - Gempol toll road in Ketapang, Porong, Sidoarjo, East Java. This toll road must be constructed on the soft soil conditions and overlapped short span bridges, irrigation canals, gas pipelines and lapindo mudflow. This structure uses a slab-on-pile system, which is a modification of slabs in order to allow the construction on the road elevation up to 11m on the actual soil condition and structural loadings. The modification is conducted by grouping the slabs into one group and installing braces in the transverse or longitudinal direction. Each slab-on-pile unit consists of 2 rows of piles with a distance of 3 m and the distance between each slab-on-pile unit is 6 m. This project also uses half slab precast with 3 and 6-meter segment spacing. This slab-on-pile structure has a variety of freestanding length. However, this structure's freestanding length is limited to the maximum of 8 meters. Code uses for structural loading is SNI 1725: 2016 (loading for bridges), whereas seismic load is assigned to the structure based on SNI 2833: 2016 (earthquake planning against earthquake load) and also the calculation of upper and lower structure uses SNI T-12-2004 (concrete event structure for bridges) and other related regulations. This slab-on-pile structure consists of slabs, pierheads, and piles. Piles are modelled using elastic spring support, which can represent the carrying capacity of the soil against the pile, but to avoid excessive movement of the structure in the horizontal direction, it is necessary to add stiffness in the lateral direction of the structure with adding braces to the pile using steel material so that the deformation of the pile still satisfy the maximum deflection allowed.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bracing, Half Slab Precast, Piled Slab
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering
Depositing User: Baroroh Ismi
Date Deposited: 13 Nov 2018 08:57
Last Modified: 13 Nov 2018 08:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52864

Actions (login required)

View Item View Item