Pemodelan Jaringan Distribusi Tidak Seimbang Dan Terhubung Distributed Generation (DG) Untuk Analisis Hubung Singkat

Tambunan, Wiratama (2018) Pemodelan Jaringan Distribusi Tidak Seimbang Dan Terhubung Distributed Generation (DG) Untuk Analisis Hubung Singkat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111440000177-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111440000177-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk memenuhi suplai daya listrik pada konsumen, maka dalam hal ini PLN harus meningkatkan operasinya. Pada suatu sistem kelistrikan yang mana beban semakin bertambah dari waktu kewaktu, dibutuhkan suatu sumber daya yang dapat mensuplai daya listrik disekitarnya dengan pemasangan Distributed Generation (DG). Dengan bertambahnya beban, dapat menyebabkan ketidakseimbangan antar fasa. Hal ini menjadi permasalahan umum yang sering terjadi, sehingga tegangan pada sistem menjadi tidak seimbang antar fasanya. Kondisi ini disebut Voltage Unbalance.
Didalam suatu sistem kelistrikan, keadaan abnormal pasti akan terjadi, salah satunya adanya gangguan. Gangguan yang umum terjadi adalah gangguan hubung singkat. Dalam studi ini akan disimulasikan hubung singkat pada sistem tidak seimbang. Dengan menggunakan Single Line Diagram jaringan distribusi Tegalsari, dapat mengetahui besar Voltage Unbalance saat kondisi steady state dan mengetahui besar hubung singkat pada jaringan distribusi tidak seimbang menggunakan ETAP 16.0 pada kondisi sistem seimbang yang terhubung DG dan kondisi tidak seimbang yang terhubung DG, Besar Voltage Unbalance yang dihasilkan simulasi ETAP 16.0 akan dibandingkan dengan perhitungan dengan MATLAB R2014a.
Dengan menggunakan metode Backward Forward pada jaringan distribusi tidak seimbang, didapat hasil tegangan dan arus yang berbeda tiap fasanya. Besar voltage unbalance setiap bus bernilai dibawah 1 %. Nilai dari hubung singkat pada sistem juga bervariasi tiap bus dan hasil dari simulasi MATLAB sudah mendekati nilai ETAP. =============== To fulfill the supply of electricity to the consumer, in this case PLN must increase its operation. In an electrical system where the load increases from time to time, a resource is required that can supply the surrounding electrical power with the installation of Distributed Generation (DG). With increasing load, can cause imbalance between phases. This becomes a common problem that often occurs, so the voltage on the system becomes unbalanced between the phases. This condition is called Voltage Unbalance.
In an electrical system, an abnormal state will inevitably occur, one of which is interference. A common disorder is a short circuit. In this study will be simulated short circuit on unbalanced system. By using Single Line Diagram of Tegalsari distribution network, we can know the magnitude of Voltage Unbalance during steady state condition and know the big short circuit in unequal distribution network using ETAP 16.0 on balanced system condition connected DG and unbalance condition connected DG, Large Voltage Unbalance the resulting ETAP 16.0 simulation will be compared with the calculation with MATLAB R2014a.
By using Backward Forward method on unbalanced distribution network, we get different voltage and current result of each phase. Value voltage unbalance of each bus is less than 1%. Value from short circuit on the system also varies each bus and the result of MATLAB simulation is close to ETAP value.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Voltage Unbalance, Distributed Generation, Hubung Singkat, Short Circuit
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves).
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wiratama Tambunan
Date Deposited: 26 Oct 2018 07:46
Last Modified: 15 Apr 2021 04:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52870

Actions (login required)

View Item View Item