Identifikasi Kerusakan Hubung Singkat Fasa ke Tanah pada Motor BLDC Menggunakan Metode EAR

Shodek, Achmad Irmawanto (2018) Identifikasi Kerusakan Hubung Singkat Fasa ke Tanah pada Motor BLDC Menggunakan Metode EAR. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111440000056-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111440000056-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan motor listrik telah menjadi salah satu bagian penting dalam industri mekatronik. Memiliki daya yang besar, efisiensi yang tinggi, range kecepatan yang besar dengan daya yang konstan, torsi yang besar, momen inersia yang kecil, tangguh, pengaturan yang presisi dan biaya produksi yang sebanding dengan kehandalannya adalah keuntungan dari brushless motor DC (BLDC) yang banyak digunakan dalam industri mekatronik. Deteksi kerusakan bisa membantu mencegah kerusakan dan juga dapat membantu meningkatkan keandalan sistem serta keselamatan operasional.
Dengan menggunakan peralatan deteksi kerusakan pada motor BLDC diharapkan dapat diketahui kondisi dan tindakan lanjut terhadap motor. Peralatan deteksi didesain untuk dapat menghasilkan tegangan surja. Tegangan surja dihasilkan dari rangkaian walton cockroft yang disimpan dalam kapasitor. Kemudian belitan motor BLDC akan dihubungkan dengan tegangan yang tersimpan dalam kapasitor yang akan dilihat gelombang surjanya menggunakan program LabVIEW. Gelombang surja yang dihasilkan selanjutnya akan dibandingkan dan dianalisa menggunakan metode EAR (Error Area Ratio). Metode ini digunakan karena sangat sensitif dan akurat dalam membandingkan dua gelombang. Metode EAR akan menghasilkan nilai threshold sebagai acuan dalam mendiagnosa kerusakan motor BLDC. Jika nilai EAR kurang dari 10% maka motor di diagnosis dalam keadaan normal. Sebaliknya jika nilai EAR 10% lebih dari 10% maka motor BLDC di diagnosis mengalami gangguan akibat adanya hubung singkat fasa ke tanah sesuai dengan kriteria test-reff EAR hasil pengujian. Nilai test-reff EAR maksimal pada fasa A, fasa B, dan Fasa C berturut-turut adalah 118.14%, 72.59%, dan 70.93 %.
=============================================================================================================
Electric motors have become an essential part of the most Mechatronics system. Higher power density, high efficiency, wide speed range with constant power, high torque, low inertia moment, adjustable speed and higherTorque –weight ratio are the advantages that make the Brushless DC motors (BLDC) widely used in industrial mechatronics applications. Fault detection on BLDC motor can help prevent damage and improve system reliability and operational safety.
By using fault detection equipment on BLDC motor is expected to know condition and further action to motor. The detection equipment is designed to produce surge voltage. Surge voltage is generated from the walton cockroft circuit stored in the capacitor. Then the winding of the BLDC motor will be connected to the voltage stored in the capacitor to be viewed by its surge wave using the LabVIEW program. The resulting surge wave will be compared and analyzed using the EAR (Error Area Ratio) method. This method is used because it is very sensitive and accurate in comparing the two waves. The EAR method will produce a threshold value as a reference in diagnosing BLDC motor damage. If the EAR value is less than 10% then the motor is diagnosed under normal circumstances. Conversely, if the EAR value more than 10%, the BLDC motor is faulted due to phase to ground short circuit. According to the test-reff EAR test maximum EAR test-reff values in phase A, phase B, and Phase C were 118.14%, 72.59%, and 70.93%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.313 63 Sho i 3100018075739
Uncontrolled Keywords: Surge test, Error Area Ratio (EAR), Phase to Ground, BLDC motor
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2785 Electric motors, Induction.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3401 Insulation and insulating materials
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Achmad Irmawanto Shodek
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:43
Last Modified: 01 Oct 2020 03:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52896

Actions (login required)

View Item View Item