Estimasi State of Charge (SOC) pada Baterai Lead-Acid dengan Menggunakan Metode Coulomb Counting pada PV Hybrid

Rahmawan, Zainul (2018) Estimasi State of Charge (SOC) pada Baterai Lead-Acid dengan Menggunakan Metode Coulomb Counting pada PV Hybrid. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111440000055_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111440000055_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Baterai merupakan komponen yang penting dalam implementasi renewable energy. Salah satu jenis baterai yang sering digunakan dalam implementasi renewable energy adalah baterai Lead-Acid. Estimasi nilai SOC (state of charge) yang akurat menjadi salah satu parameter yang penting dalam perancangan BMS (Battery Management System). Estimasi nilai SOC yang akurat sangat diperlukan untuk menghindari baterai beroperasi dalam keadaan over charge dan over dischrage. Salah satu metode estimasi SOC yang cukup mudah dan sering digunakan adalah Coulomb Counting. Penentuan estimasi SOC dengan metode ini dilakukan dengan menjumlahkan muatan yang masuk atau muatan yang keluar dari baterai dalam kurun waktu tertentu. Penjumlahan muatan dapat dilakukan dengan melakukan penjumlahan perkalian arus dan waktu pada baterai, baik pada saat pengisian dan pengosongan. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah alat monitoring SOC dengan menggunakan metode coulomb counting untuk melakukan monitoring nilai SOC baterai baik pada saat pengisian dan pengosongan. Pada implementasinya metode ini sangat bergantung pada nilai initial SOC yang akurat serta keakuratan sensor arus yang digunakan. Jenis sensor arus yang digunakan dalam alat monitoring SOC ini adalah ACS712 yang memiliki keakuratan yang baik. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, jumlah muatan pada baterai berbanding lurus dengan SOC pada baterai itu sendiri.
=============== Battery is an important component in the implementation of renewable energy. One type of battery that is common used in the implementation of renewable energy is the Lead-Acid battery. Accurate estimation of SOC (state of charge) values becomes one of the important parameters in the design of BMS (Battery Management System). Establishing accurate SOC value estimates is necessary to avoid batteries operating in over charge and over discharges. One method of SOC estimation is easy and common used is “coulomb counting”. Determination of SOC estimation with this method by summing the coulomb that in or come out of the battery with a certain period of time. The sum of the coulomb can be calculate by adding the current to the battery, either during charging and discharging. In this final project will designed a SOC monitoring tool using coulomb counting method to monitor the value of SOC battery both at charging and discharging with a certain period of time. In the implementation of this method is very dependent on the accurate initial SOC value and accuracy of current sensors used. The type of current sensor used in this SOC monitoring tool is ACS712 which has good accuracy. Based on the results of the tests performed, the amount of coulomb on the battery is proportional to the SOC battery value.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: State of charge, coulomb counting, Lead-acid, Initial SOC
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2945 Lead-acid batteries.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zainul Rahmawan
Date Deposited: 25 Nov 2018 14:52
Last Modified: 22 Apr 2021 03:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52926

Actions (login required)

View Item View Item