Studi Pengaruh Penambahan Filler Limbah Ban Karet Bekas terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Komposit Berbasis Sampah LDPE/Melamin/Pasir Untuk Aplikasi Material Lantai Bangunan

Saputra, Aditiyo Tri (2018) Studi Pengaruh Penambahan Filler Limbah Ban Karet Bekas terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Komposit Berbasis Sampah LDPE/Melamin/Pasir Untuk Aplikasi Material Lantai Bangunan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02511440000130-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya jumlah ban bekas menjadi permasalahan tersendiri. Permasalahan utama dari ban bekas adalah polusi udara yang ditimbulkan apabila dibakar, dan lamanya waktu penguraian ban bekas di alam. Mengingat jumlahnya yang besar dan memiliki potensi untuk didaur ulang menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan kembali karet dari ban bekas menjadi material pengisi lantai bangunan yang ramah lingkunan. Bahan-bahan yang digunakan antara lain sampah plastik LDPE, melamin, pasir, dan serbuk karet ban bekas. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel komposisi LDPE/melamin/pasir/serbuk karet/ 45/25/30/0, 45/25/25/5, 45/25/20/10, 45/25/15/15, 45/25/10/20, 45/25/5/25, 45/25/0/30. Pengujian yang dilakukan meliputi SEM, FTIR, kompresi, bending,kekerasan, absorbability, dan densitas. Penambahan filler serbuk karet cenderung mengurangi sifat mekanik material komposit. Didapatkan kekuatan bending maksimal sebesar 20,18 MPa pada komposit dengan komposisi filler serbuk karet sebesar 5%.============== The increasing number of scrap tires becomes a problematic issue. The main problems of scrap tires are the air pollution produced when its burned, and a very long decomposition time of scrap tires in nature. Considering the abundant stockpile and its potential for recycling enough to urge this research. This study aims to reuse rubber from scrap tires become floor building aggregate as an environmentally friendly filler material. The materials used include waste LDPE, melamin, sand and waste crumb rubber. The variables used in this study are the composition variables LDPE/melamine/sand/crumb rubber/ 45/25/30/0, 45/25/25/5, 45/25/20/10, 45/25/15/15, 45/25/10/20, 45/25/5/25, 45/25/0/30. Tests carried out in this study include SEM, FTIR, compression testing, flexural testing, hardness testing, water absorption test, and density test. The effect of addition scrap tires rubber as filler show that the mechanical properties of composite become weaken. The highest flexural strength of the composite is 20,18 MPa on composite with composition of crumb rubber 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komposit, LDPE, Material Lantai Bangunan, Melamin, Serbuk karet ban bekas, Composite, Crumb rubber, Composite, Floor building materials, LDPE, Melamine
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH2521 Floors and flooring
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Aditiyo Tri Saputra
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:34
Last Modified: 10 Jan 2019 07:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52943

Actions (login required)

View Item View Item