Santi, Nuraini (2018) Studi Perbandingan Penggunaan Friction Pendulum Bearing dan Lead Rubber Bearing Pada Struktur Light Rail Transit. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03111650020006-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Isolasi seismik adalah strategi yang digunakan untuk mengurangi gaya gempa atau mendekati kapasitas inelastis dari jembatan, sehingga menghilangkan atau mengurangi deformasi inelastis dan kerusakan substruktur. Ada beberapa macam bantalan untuk isolasi gempa. Terdapat 2 kategori bantalan: elastomer (bantalan karet) dan bantalan geser friksi. Dua jenis isolasi dasar yang banyak digunakan yaitu FPB (Friction Pendulum Bearing) dan LRB (Lead Rubber Bearing). Pada studi ini akan dimodelkan enam struktur LRT dengan menggunakan program bantu SAP2000 yang terdiri dari 3 model struktur menggunakan LRB dan 3 model struktur menggunakan FPB dengan variasi dimensi yang berbeda. Kedua macam isolasi tersebut akan diletakkan di atas pier cap untuk menahan struktur atas jembatan. Digunakan analisis Non-linear Time History Analysis (NLTHA) dengan 7 riwayat gempa yang berlokasi di Surabaya untuk mengetahui perilaku dan respon struktur pada LRT sehingga dapat diketahui manfaat isolator gempa terhadap beban gempa. Selain itu dilakukan juga analisa elemen hingga untuk mengetahui perilaku elemen struktur yang terjadi dengan menggunakan program bantu ABAQUS. Dari analisis yang dilakukan, terdapat sedikit perbedaan antara LRB dan FPB pada segi gaya geser dasar, perpindahan, tingkat kerusakan dan energi disipasi. Sistem isolasi gempa menggunakan FPB dapat bekerja lebih baik dibandingkan dengan LRB dalam mereduksi gempa. Namun secara keseluruhan, kedua isolator gempa dapat mengisolasi gempa dengan baik dan dapat mengurangi gaya geser yang terjadi pada kolom pada struktur LRT.
================================================================================================
Advanced nonlinear analysis in light rail transit (LRT) structure has been undertaken to examine the influence of seismic isolation devices for reducing seismic demand. The study employed the use of two types of commercially available bearings, namely lead rubber bearing (LRB) and friction pendulum system (FPB). Six LRT structures, designed to be built in Surabaya, were modelled using computer-aided software SAP2000, with each three structures consisted of three types of LRB and FPB placed onto the pier cap to support the horizontal upper-structural member. Nonlinear static pushover and dynamic time history analysis with seven improved ground motion data were performed to gain improved insights on behavioural response of LRT structures, allowing one to fully understand the supremacy of seismic isolations for protecting the structure against seismic actions. Furthermore, finite element analysis used to determine the behavior of structural elements using ABAQUS. It is shown that the overall responses of LRB and FPB show marginal discrepancies in term of base shear, plastic hinge damage, displacement and energy dissipation capacity. FPB works more effectively when compares to LRB in reducing seismic damage .Overall, both devices manage to isolate seismic forces, resulting in alleviation of excessive base shear occurred at the column. In addition, it is noticeable that, suggesting both devices are interchangeable to be used for LRT-like structures.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | light rail transit, lead rubber bearing, friction pendulum bearing, SAP2000, ABAQUS, pushover analysis, time history analysis |
Subjects: | T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Theses |
Depositing User: | Santi Nuraini |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 22:21 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 22:21 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/53069 |
Actions (login required)
View Item |