Pengembangan Model Sistem Dinamik Untuk Mempercepat Dwelling Time Dalam Rangka Meningkatkan Kuantitas Bongkar (Studi Kasus : Pelabuhan Tanjung Priok)

Rostanto, Calvin (2018) Pengembangan Model Sistem Dinamik Untuk Mempercepat Dwelling Time Dalam Rangka Meningkatkan Kuantitas Bongkar (Studi Kasus : Pelabuhan Tanjung Priok). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05211440000158_Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan wilayah daratan sebesar ± 2.012.402 km2 dan luas perairannya ± 5.877.879 km2. Atas dasar ini yang memunculkan gagasan tentang tol laut, maksudnya adalah membangun sistem transportasi laut dan sistem logistik kelautan. Hal ini pula disadari oleh dunia logistik di Indonesia yang sangat bergantung pada wilayah laut Indonesia, rendahnya tingkat konektitivitas antar pulau di Indonesia menjadi permasalahan mendasar. Menurut Logistics Performance Index (LPI), rangking Indonesia berada pada posisi ke-63 dunia berada dibawah beberapa negara ASEAN lainnya. Yang mana hal tersebut membawa kita pada sebuah permasalahan dwelling time. Dwelling time adalah waktu yang dihitung mulai dari suatu petikemas (container) dibongkar dan diangkat (unloading) dari kapal sampai petikemas tersebut meninggalkan terminal melalui pintu utama. Berdasarkan data tahun 2017, rata-rata dwelling time di Indonesia masih selama 4,54 hari. Dengan mengacu pada latar belakang tersebut, maka diusulkan penelitian menggunakan sistem dinamik untuk meningkatkan efisiensi dwelling time pada proses bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok. Proses bongkar muat memiliki proses yang sangat kompleks sehingga digunakan metode permodelan dan simulasi menggunakan Metode Sistem Dinamik. Setelah model sistem dinamik terbentuk akan dilakukan skenariosasi untuk menguji beberapa input yang berbeda untuk mengetahui dampak pada outputnya, sehingga nantinya didapatkan skenario terbaik yang dapat menurunkan angka dwelling time dan meningkatkan kuantitas bongkar. Skenario terbaik yang dapat menurunkan angka dwelling time dan kuantitas bongkar adalah dengan skenario gabungan penerapan single window submission dan autogate pass system pada proses perizinan barang masuk yang dapat menurunkan angka rata-rata dwelling time sebesar 2.3 hari dan meningkatkan kuantitas bongkar dengan rata-rata per bulan sebesar 266789 TEU’s. ================ Indonesia is one of the largest archipelagic countries in the world with a land area of ± 2,012,402 km2 and its conservation area is ± 5,877,879 km2. On the basis of the idea of a sea toll, it means building marine transportation systems and marine logistics systems. It is also realized by the world of logistics in Indonesia that is very profitable in the sea territory of Indonesia, the low level of connectivity between islands in Indonesia becomes a fundamental problem. According to the Logistics Performance Index (LPI), the rank of Indonesia is in the 63rd position of the world under some other ASEAN countries. Which is the thing that causes us to matter a time of residence. Dwelling time is the time calculated from containers (containers) dismantled and lifted (unloaded) from ship until the container. Based on data of 2017, the average time of residence in Indonesia is still for 4.54 days. With this background, the research uses a dynamic system to improve the efficiency of processing time at the port at Tanjung Priok Port. The loading and unloading process has a very complex process that uses methods and methods that use Dynamic Systems. Once the model is formed it will be skenarized for several different inputs to find out the results on the output, so you can decrease the residence time and increase the unloading productivity. The best scenario that can decrease the residence time and productivity is by applying a single process delivery window and autogate pass system that can decrease the average residence time by 2.3 days and increase average unloading productivity by 266789 TEU's per month.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 003.85 Ros p
Uncontrolled Keywords: Logistik, Dwelling time, Produktivias Bongkar, Sistem Dinamik, Logistics, Dwelling time, Unloading Productivity, Dynamic System
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness.
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Rostanto Calvin
Date Deposited: 28 Nov 2018 05:44
Last Modified: 28 Nov 2018 05:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53075

Actions (login required)

View Item View Item