Peningkatan Ruas Jalan Dengok - Bts. Kabupaten Ponorogo/Trenggalek STA 16+000 - 19+000 Provinsi Jawa Timur Dengan Menggunakan Struktur Perkerasan Kaku

Riski, Mutia Sagita and Putra, Triyoga Sasmito (2018) Peningkatan Ruas Jalan Dengok - Bts. Kabupaten Ponorogo/Trenggalek STA 16+000 - 19+000 Provinsi Jawa Timur Dengan Menggunakan Struktur Perkerasan Kaku. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111500000062-10111500000085-Non_Degree.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi adalah salah satu bagian dari kebutuhan dan kepentingan keseluruhan manusia yang disebabkan oleh adanya suatu sistem pergerakan atau perpindahan objek, baik berupa manusia ataupun barang dari satu tempat asal ke tempat tujuan yang dikehendaki. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan jalan, di mana jalan itu sendiri merupakan prasarana perhubungan darat yang mempunyai peranan penting untuk memperlancar kegiatan ekonomi di suatu daerah. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan melaksanakan pembangunan Ruas Jalan Dengok – Bts. Kabupaten Ponorogo/Trenggalek yang dikarenakan arus lalu lintas yang melewati semakin hari semakin bertambah padat. Peningkatan Ruas Jalan Dengok – Bts. Kabupaten Ponorogo/Trenggalek ini menggunakan struktur perkerasan kaku (Rigid Pavement) dengan pertimbangan umur rencana yang lebih panjang yaitu 20 tahun. Analisa perhitungan yang dilakukan pada perencanaan jalan ini diantaranya analisa kapasitas jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, perhitungan tebal perkerasan kaku dengan menggunakan Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003), kontrol geometrik jalan dengan menggunakan Perencanaan Geometrik Jalan, Perencanaan Drainase dengan metode SNI 03-3424-1994, dan perencanaan anggaran biaya menggunakan buku petunjuk teknis harga Satuan Pokok (HSPK). Berdasarkan hasil perhitungan peningkatan ruas jalan Dengok-Bts. Kabupaten ponorogo/Trenggalek Provinsi Jawa Timur direncanakan memiliki 2 lajur 2 arah tak terbagi (2/2UD) dengan nilai kapasitas jalan 3062,8 smp/jam dan derajat kejenuhan (DS) > 0,75 sehingga diperlukan pelebaran jalan. Setelah ruas jalan dilebarkan menjadi 9 meter, ruas jalan memiliki kapasitas 3699,54 smp/jam dan memiliki nilai DS < 0,75. Untuk umur rencana 20 tahun didapatkan tebal perkerasan 19 cm dengan jenis perkerasan beton bersambung tanpa tulangan (BBTT). Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk proyek peningkatan ruas jalan Dengok-Bts. Kabupaten Ponorogo/Trenggalek STA 16+000 – STA 19+000 sebesar Rp 18.369.510.000 terbilang “Delapan Belas Milyar Tiga Ratus Enam Puluh Sembilan Juta Lima Ratus Sepuluh Ribu Rupiah”. ============= Transportation is one of thoose part of the needs and interests of the whole human being caused by the existence of a system of movement or displacement of objects, either human or goods from one place of origin to the desired destination. Therefore, a road construction planning is needed, in which the road itself is a land transportation infrastructure that has an important role to facilitate economic activity in a region. One effort to realize that is by implementing the construction of Dengok - Bts Road. Kabupaten Ponorogo / Trenggalek due to traffic flow that getting crowded day by day. This road improvement of Jalan Dengok - Bts. Ponorogo/Trenggalek Regency using rigid pavement structure (Rigid Pavement) with consideration of longer life span of 20 years. The calculation analyzes carried out in this road planning include road capacity analysis using the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) 1997, rigid pavement thickness calculation using the Road Pavement Concrete Pavement Planning Guideline (Pd T-14-2003), Planning Road Geometrics using Road Geometric Control, Drainage Planning by SNI 03-3424-1994 method, and cost budget planning using technical guidance of Unit Price (HSPK). Based on the calculation, the road improvement of Dengok-Bts Ponorogo district / Trenggalek in East Java Province are planned to have 2 lane 2 direction undivided (2 / 2UD) with the value of road capacity 3062,8 smp / hour and degree of saturation (DS) > 0,75 so that required to increasing the road width. After the road segment is widened from 7,5 meters to 9 meters, the road segment has a capacity of 3699.54 smp / hour and has DS value < 0.75. For 20 years age, 19 cm thickness of pavement with concrete pavement type without reinforcement (BBTT) is used. Cost budget plan required for Dengok-Bts road improvement project. Ponorogo District / Trenggalek STA 16 + 000 - STA 19 + 000 to be Rp 18,369,510,000 spelled "Eighteen Billion Three Hundred Sixty Nine Million Five Hundred Ten Thousand Rupiah"

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Beton Semen, Geometrik Jalan, Drainase, Rigid Pavement, Road Geometry, Drainage.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering
Depositing User: Mutia Sagita Riski
Date Deposited: 27 Nov 2018 08:42
Last Modified: 27 Nov 2018 08:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53114

Actions (login required)

View Item View Item