Analsis Kekuatan Lashing Kontainer Sebagai Penunjang Keselamatan Peti Kemas Dengan Metode Elemen Hingga

Aufar, Muhammad Rifqi (2018) Analsis Kekuatan Lashing Kontainer Sebagai Penunjang Keselamatan Peti Kemas Dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4114100034-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4114100034-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lashing merupakan alat keselamatan pada kapal yang berfungsi untuk mengikat kontainer. Sistem pada lashing terbagi kepada dua bagian, yaitu turnbuckle dan lashing bars. Pada saat dipelabuhan penguatan dilakukan oleh turnbuckle. Pengikatan sistem ini tentunya harus kencang agar kontainer dalam keadaan tidak bergerak saat pelayaran. Tingkat penguatan pada saat dipelabuhan ada batasnya, hal ini dikarenakan saat pelayaran tegangan sistem pada lashing akan bertambah yang diakibatkan pengaruh dari berat kontainer. Sistem pada lashing terbagi kepada dua bagian, yaitu turnbuckle dan lashing bars. Tujuan dari penelitian mencari nilai tegangan lashing pada saat kapal kodisi even keel dan kondisi kapal miring dengan sudut 10, 20, 30 dan 40 menggunakan metode elemen hingga. Selain sudut miring, perhitungan di variasikan terhadap putaran turnbuckle kecil, turnbuckle sedang dan turnbuckle besar. Hasil perhitungan tegangan pada sistem lashing, didapatkan gaya minimum lashing bars yaitu sebesar 230000 N dengan putaran variasi turnbuckle mencapai gaya tarik minimum yaitu turnbuckle kecil pada putaran 398.45°, turnbuckle sedang 318.76° dan pada turnbuckle besar 227.69°. Pada turnbuckle kecil saat sudut miring kapal hingga 40° batas putaran yang ditambahkan dari gaya tarik minimum yaitu sebesar 120° dengan nilai tegangan 766.86 MPa. Untuk turnbuckle sedang sebesar 60° dengan nilai tegangan 713.48 MPa. Turnbuckle besar putaran sudut yang dapat memenuhi sebesar 60° dengan nilai tegangan 749.22 MPa. Dari ketiga ukuran turnbuckle, didapatkan turnbuckle sedang yang paling sesuai digunakan untuk 1 tier kontainer 20 feet.
=============== Lashing is a safety tool on the ship that serves to bind containers. The lashing system is divided into two parts: turnbuckle and lashing bars. At the moment dippabuhan strengthening is done by turnbuckle. The binding of this system must be tight enough to keep the container in motion during the voyage. The level of reinforcement at the time of dipelabuhan no limit, this is because when the system voltage velocity on lashing will increase due to the influence of the weight of the container. The lashing system is divided into two parts: turnbuckle and lashing bars. The purpose of this research is to find the lashing voltage value at the time of the ship event keel event and the condition of the tilting ship with angle 10, 20, 30 and 40 using finite element method. In addition to oblique angles, the calculations are varied against small turnbuckle rounds, medium turnbuckle and large turnbuckle. The result of the voltage calculation on the lashing system, obtained the minimum casthing bars force of 230000 N with turnbuckle turnout variation reaching minimum tensile strength ie small turnbuckle at 398.45 ° round, 318.76 ° turnbuckle and 227.69 ° big turnbuckle. On a small turnbuckle when the sloping angle of the ship up to 40 ° round limit is added from the minimum tensile force of 120 ° with a value of 766.86 MPa. For a moderate turnbuckle of 60 ° with a value of 713.48 MPa. Large turnbuckle round angles that can meet at 60 ° with a voltage value of 749.22 MPa. Of the three turnbuckle sizes, the most suitable turnbuckle is used for 1 tier containers of 20 feet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lashing, Turnbuckle, Lashing bars
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Rifqi Aufar
Date Deposited: 28 Nov 2018 05:30
Last Modified: 22 Apr 2021 08:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53117

Actions (login required)

View Item View Item