Studi Kinerja Pemilihan Rute AODV Berdasarkan Tingkat Energi Pada MANETs

Bilal, Ahmad (2018) Studi Kinerja Pemilihan Rute AODV Berdasarkan Tingkat Energi Pada MANETs. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000121-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111440000121-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (935kB) | Preview

Abstract

Mobile Ad Hoc Network (MANET) merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari perangkat-perangkat bergerak dan terhubung secara nirkabel yang dapat secara terus-menerus melakukan konfigurasi diri tanpa memiliki infrastruktur jaringan. Node-node pada MANET memiliki karakteristik dengan mobilitas tinggi. Terdapat beberapa protokol routing yang dapat diimplementasikan pada MANET, salah satunya adalah Adhoc On-Demand Distance Vector (AODV). Dalam MANET, setiap node yang termasuk dalam jaringan dapat berperan sebagai router. Dikarenakan node-node yang terlibat seringkali bergerak (mobile), maka baterai digunakan sebagai sumber daya listrik. Apabila terdapat salah satu node yang keluar dari jaringan, dimana node tersebut merupakan rute transmisi, maka transmisi data gagal dan membutuhkan pembuatan rute baru. Salah satu penyebab keluarnya node dari suatu jaringan adalah karena daya listrik baterai pada node tersebut habis. Untuk mengurangi kemungkinan gagalnya transmisi akibat energi pada node habis, maka diperlukan sebuah metode untuk memilih rute transmisi berdasarkan tingkat energinya. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu dengan menghitung total energi node-node untuk setiap rute yang dilalui paket request dan memilih rute dengan total energi paling tinggi. Berdasarkan hasil uji coba modifikasi menggunakan metode yang telah disebutkan, packet delivery ratio algoritma modifikasi unggul untuk jumlah node 10 dan 20. Untuk routing overhead, algoritma AODV modifikasi selalu lebih unggul dari AODV asli, yang ditandai dengan jumlah routing overhead yang selalu lebih kecil. Namun, untuk rata-rata end-to-end delay AODV masih mengungguli. ============ Mobile Ad Hoc Network (MANET) is a network of wirelessly connected devices that can constantly configure themselves without having a network infrastructure. MANET nodes have a certain characteristic which is high mobility. There are several routing protocols that can be implemented on MANET, one of which is Adhoc On-Demand Distance Vector (AODV). In MANET, any node included in the network can act as a router. Because the nodes involved are often mobile, the battery is used as a power source. If there is one node coming out of the network, where the node is the transmission route, the data transmission fails. One of the causes that a node of a network is out of the network is because the node has no battery power left. To reduce the possibility of transmission failure because of insufficient energy of node, a method is needed to select the transmission route based on its energy level. One method that can be used is to calculate the total energy of the nodes for each route through which the request packet and choose the route with the highest total energy. Based on the modification test results using the mentioned methods, the packet delivery ratio of modified algorithm is superior to the number of nodes 10 and 20. For routing overheads, the AODV algorithm modifications are always superior to the original AODV, which is indicated by the number of routing overheads which is always smaller. However, for the average end-to-end delay AODV still outperforms the modified algorithm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 621.384 Bil s-1
Uncontrolled Keywords: AODV, Energy, MANETs
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.585 TCP/IP (Computer network protocol)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Bilal
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:54
Last Modified: 22 Apr 2021 08:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53159

Actions (login required)

View Item View Item