Analisis Pengaruh Variasi Waktu Deposisi Pada Lapisan Tipis Kitosan/AgNPs Di Permukaan SS 316L Terhadap Morfologi, Sifat Mekanik, Dan Antimicrobial Dengan Metode Electrophoretic Deposition

Utomo, Hadi (2018) Analisis Pengaruh Variasi Waktu Deposisi Pada Lapisan Tipis Kitosan/AgNPs Di Permukaan SS 316L Terhadap Morfologi, Sifat Mekanik, Dan Antimicrobial Dengan Metode Electrophoretic Deposition. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02511440000108-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Patah tulang merupakan kerusakan pada jaringan tubuh manusia yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satu metode yang digunakan adalah pemasangan pen (implantasi) pada bagian tulang yang patah untuk mengembalikan posisi patahan tulang ke posisi semula dan mempertahankan posisi itu selama masa penyembuhan patah tulang dengan menggunakan logam. Logam yang umum digunakan sebagai bone plat adalah (SS) 316L karena bersifat non toksik, ketahanan korosi dan propertis mekanik yang baik. Permasalahan yang timbul adalah implan dengan bahan SS 316L kurang mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada permukaannya, sehingga tidak memiliki sifat antimicrobial. Salah satu usaha untuk meningkatkan sifat antimicrobial material implan adalah dengan melapisi permukaan logam dengan menggunakan biomaterial tertentu. Pada penelitian ini, perak dan kitosan dideposisikan pada permukaan SS 316L dengan metode Electrophoretic Deposition (EPD). Variasi proses waktu deposisi (5 menit, 10 menit, 15 menit, 20 menit) pada EPD dilakukan untuk menganalisis pengaruhnya terhadap morfologi , sifat mekanik, dan sifat antimicrobial dari silver/chitosan thin film coating. Selanjutnya dilakukan karakterisasi dengan menggunakan SEMEDX, XRD, AFM, Pull Off Test, dan Pengujian Antimicrobial secara in vitro. Pada penelitian ini telah dibuktikan bahwa pengaruh variasi waktu proses deposisi Ag-Cs menyebabkan adanya perubahan komposisi pada lapisan Ag-Cs. Kandungan Ag paling banyak terdapat pada waktu deposisi 20 menit dengan 45,4343 %. Semakin banyak kandungan Ag pada lapisan tipis akan meningkatkan kemampuan antimicrobial dari lapisan tersebut. Serta meningkatkan sifat mekanik dari lapisan tipis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: antimicrobial, SS 316L, Ag, kitosan, electrophoretic deposition
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA491 Metal coating.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Utomo Hadi
Date Deposited: 01 Dec 2018 17:04
Last Modified: 01 Dec 2018 17:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53162

Actions (login required)

View Item View Item