Studi Kasus Korosi pada Aluminium tipe 2024-T4 dan 7075-T6 sebagai Kandidat Material Struktur Lavatory Modul Pesawat Boeing 737 NG

El Azmi, Nararyya Zufar (2018) Studi Kasus Korosi pada Aluminium tipe 2024-T4 dan 7075-T6 sebagai Kandidat Material Struktur Lavatory Modul Pesawat Boeing 737 NG. Undergraduate thesis, Insitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02511440000145_undergraduate-theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pesawat Terbang merupakan salah satu alat transportasi yang sering digunakan saat ini. Hal ini karena pesawat merupakan alat transportasi yang cepat serta nyaman. Kenyamanan ini salah satunya ada pada toilet (lavatory) pesawat. Komponen-komponen dari lavatory ini sebagian besar adalah paduan logam Aluminium. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian berupa aluminium 2024 dan aluminium 7075 yang dicelupkan ke dalam larutan selama kurun waktu tertentu. Analisis yang digunakan untuk menghitung laju korosi adalah dengan menggunakan metode weight loss, uji tafel, XRD untuk fasa yang terbentuk. Dengan menggunakan weight loss, massa logam yang hilang dianggap sebagai w, maka kita bisa menghitung laju korosi masing-masing spesimen. Didapat bahwa laju korosi dari Aluminium tipe 2024-T4 adalah sebesar 43,79 mm/tahun sedangkan tipe 7075-T6 adalah sebesar 18,48 mm/tahun. Pada uji tafel, didapatkan hasil bahwa laju korosi dari Aluminium 2024-T4 adalah sebesar 2,90 mm/tahun sedangkan untuk Aluminium 7075-T6 adalah sebesar 1,54 mm/tahun. Dari hasil ini didapatkan kesimpulan bahwa Aluminium tipe 2024-T4 lebih mudah terkorosi daripada tipe 7075-T6. Dari hasil XRD, didapatkan fasa untuk Aluminium 2024-T4 adalah Fe dan MgAl2O4 sedangkan untuk Al 7075-T6 adalah Aluminium, Zn, dan Al86Fe14. Aluminium 2024-T4 mengalami laju korosi lebih tinggi dibandingkan dengan Aluminium 7075-T6 karena Aluminium 7075-T6 memiliki kandungan Zn yang lebih dari Aluminium 2024-T4. Campuran Zn dan Mg dari suatu aluminium akan membuat logam tersebut menjadi lebih tahan terhadap korosi. =================== Airplane is one of the most common public transportation right now. It’s because airplane is fast and comfortable . One of those comfortable factors are airplane lavatory. Lavatory components usually made from Aluminium. In this experminet, there are 2 aluminiums : Al 2024 and Al 7075. Both aluminiums are immersed at acid water at suitable time. There are some analysis that used in this esperiment : Weight loss to calculate the corro sion rate, tafel test, and XRD for the phase . By using weight loss method, the amount of loss weight are counted as w. F rom the calculation we get the corrosion rate of each specimen. 43.79mm/year is the result from type 2024 - T4 and 18.48 mm/year for type 7075 - T6. On tafel test, the corrosion rate of Aluminium type 2024 - T4 is also higher than type 7075 - T6. The result is 2. 90 mm/year for type 2024 - T4 and 1. 54 mm/year for type 7075 - T6 . On XRD test, the phase for Aluminium 2024 - T4 are Fe and MgAl 2 O 4 and for Aluminium 7075 - T6 is Al and Al 86 Fe 14 . Aluminium 2024 - T4 is more corroded than Aluminium 7075 - T6 be cause Aluminium 7075 - T6 has Zn much then Aluminium 2024 - T4 doesn’t. Combination of Zn and Mg will make Aluminium more resistant to corrosion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMt 669.722 Ela s-1
Uncontrolled Keywords: Aluminium, Laju Korosi, Weight Loss, Zn, Aluminium, Corrosion Rate, , Weight Loss, Zinc
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521 Aerodynamics, Hypersonic.
U Military Science > U Military Science (General)
U Military Science > UG1242 Drone aircraft--Control systems. (unmanned vehicle)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Nararyya Zufar El Azmi
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:30
Last Modified: 06 Dec 2018 09:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53171

Actions (login required)

View Item View Item