Amirullah, Mustofa (2018) Sistem Peringatan Dini Menggunakan Deteksi Kemringan Kepala Pada Pengemudi Kendaraan Bermotor Yang Mengantuk. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
07111645000078 - Undergraduate Theses.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tingginya tingkat kecelakaan yang disebabkan oleh human error masih menjadi permasalahan yang dihadapi di Indonesia. Sebesar 69,7% kecelakaan kendaraan bermotor disebabkan oleh human error. Kondisi pengemudi yang mengantuk merupakan salah satu faktor penyebab human error, sehingga diperlukan sebuah sistem sistem keamanan dalam berkendara untuk menekan permasalahan tersebut. Ketika seseorang berada dalam kondisi mengantuk, terdapat kondisi khusus yang dapat diidentifikasi. Salah satu kondisi tersebut adalah perubahan posisi kepala yang terjadi secara tiba – tiba. Pada tugas akhir ini, dirancang suatu sistem peringatan dini untuk pengemudi yang mengantuk berdasarkan perubahan posisi kepala. Sistem dirancang wearable untuk pengemudi mobil dengan menggunakan sensor accelerometer MPU-6050 GY-521.
Proses deteksi kondisi kantuk dapat diperoleh dengan cara mengidentifikasi perubahan nilai percepatan pada sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z yang terjadi serentak. Perubahan posisi kepala untuk kondisi kantuk dideteksi dengan cara memberikan nilai ambang (threshold) untuk tiap sumbu. Untuk Pengujian di dalam mobil, nilai percepatan gravitasi pada sumbu X berkisar 0.8g sampai 1.8g, untuk sumbu Y berkisar 3.8g sampai 3.9g , dan untuk sumbu Z berkisar 0.35g sampai 0.45g. Deteksi kantuk yang dilakukan di dalam mobil, dilakukan sebanyak 10 kali pergerakan kepala, dengan nilai ambang untuk sumbu X sebesar 1, sumbu Y sebesar 3.5 dan sumbu z sebesar 0.5. Dari 10 kali pergerakan kepala, 7 pergerakan kepala berhasil terdeteksi dan 3 pergerakan tidak berhasil terdeteksi. Persentase keberhasilan dari pengujian tersebut sebesar 70%. =============== High accident rate that caused by human error still be a problem that must be faced in Indonesia. 69.7% of car accident are caused by human error. The driver's drowsiness is one of the factor causing it. a system for driving is needed to solve that probelm. When a person is on a sleepy condition, there is a special condition that can be identified. one of it is the sudden change in head's position. in this final project, designed an early warning system for a sleepy driver based on the head's position. the system is wearable for the driver using accelerometer sensor MPU-6050 GY-521.
The detection proccess of sleepy condition can be obtained with idenntify the acceleration of X, Y, and Z axis that happen simultaneously. The change of head's position is detected with setting the threshold on each axis. for the test in car, value of gravity acceleration on X axis is about 0.8g to 1.8g, for Y axis is about 3.8g to 3.9g and for Z axis is about 0.35g to 0.45g. Drowsiness detection on the car is obtained after 10 tries of changing the head position with the value of threshold for X axis is 1, Y axis is 3.5 and for Z axis is 0.5. from the 10 tries, 7 of it is detected successfully, and 3 is not detected, so the success percentage is 70%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSE 621.384 56 Ami s-1 |
Uncontrolled Keywords: | Wearable, Deteksi Kondisi Kantuk, Perubahan Posisi Kepala, Accelerometer, Wearable, Detection of sleepiness, Change on head position, Accelerometer |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7871.674 Detectors. Sensors T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL671.6. Materials--Fatigue. |
Divisions: | Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mustofa Amirullah |
Date Deposited: | 28 Nov 2018 09:01 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 02:55 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/53199 |
Actions (login required)
View Item |