Pathfinding Menggunakan Algoritma Dijkstra pada Game ‘Aviar’ Multiplayer Berbasis Virtual Reality

Zega, Vinsensia Sipriana (2018) Pathfinding Menggunakan Algoritma Dijkstra pada Game ‘Aviar’ Multiplayer Berbasis Virtual Reality. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000066-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111440000066-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Seiringnya perkembangan zaman, salah satu hiburan yang bisa didapat berhubungan erat dengan perkembangan teknologi komputer. Salah satunya ialah aplikasi permainan dengan menggunakan sistem Virtual Reality (VR) dan penerapan Artificial Intelligence (AI), sebagai contohnya yaitu permainan labirin. Dengan menggunakan sistem VR, permainan labirin akan terlihat lebih nyata. Lalu AI pathfinding akan diimplementasikan pada musuh untuk meningkatkan kesulitan pada permainan.Tugas akhir ini mengusulkan penerapan AI pathfinding menggunakan algoritma Dijkstra dalam permainan labirin berbasis virtual reality.
Algoritma dijksra akan mencari jalan dengan cost terkecil antara musuh terhadap pemain. Pada tugas akhir ini Artifical Intelligence akan dibagi menjadi 4 tingkat kesulitan yaitu easy, medium, hard, dan insane. Dimana musuh akan memiliki kesempatan untuk bergerak secara acak yang berbeda-beda yaitu easy 50%, medium 30%, hard 15%, dan insane 0%.
Uji coba dilakukan terhadap masing-masing tingkat kesulitan pada labirin berukuran 8x8 dengan kondisi awal yang sama. Berdasarkan hasil uji coba, metode Dijkstra Pathfinding dapat menemukan jalan tercepat dengan waktu pada setiap tingkatannya yaitu easy 230,26 detik, medium 164,53 detik, hard 135,53 detik dan insane 121,14 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dijkstra Pathfinding, Artificial Intelligence, Permainan Labirin, Virtual Reality, Oculus Rift.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA166 Graph theory
Q Science > QA Mathematics > QA336 Artificial Intelligence
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Vinsensia Sipriana Zega
Date Deposited: 06 Jul 2021 10:23
Last Modified: 06 Jul 2021 10:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53381

Actions (login required)

View Item View Item