Modifikasi Perencanaan Fly Over Lingkar Dalam Barat Surabaya Dengan Menggunakan Balok Box Girder Pratekan

Pasak, Irvan Pratama (2018) Modifikasi Perencanaan Fly Over Lingkar Dalam Barat Surabaya Dengan Menggunakan Balok Box Girder Pratekan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 031112400000066-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
031112400000066-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Dalam mengurangi dan mengantisipasi kemacetan di daerah Surabaya Pemkot Surabaya sedang merencanakan pembangunan Fly Over Lingkar Dalam Barat Surabaya yang berlokasi di Jl. Margomulyo yang rencanakan akan dihubungkan dengan jalan tol Surabaya-Gresik. Adapun profil yang digunakan menggunakan I girder dengan panjang maksimal 42 m. Namun, dalam pendesain fly over Lingkar Dalam Barat terdapat pilar yang menghalangi arus jalan yang terdapat di bawah fly over tersebut. Hal ini disebabkan oleh panjang ideal profil balok I pratekan sebasar 45 m.
Dalam mendesign ulang dilakukan perubahan posisi pilar yang terdapat di bawah fly over tersebut. Untuk mendapat profil yang ideal untuk bentang yang ada. Adapun bentang yang melebihi 45 m, maka penulis memilih menggunakan profil balok pratekan box girder mengingat panjang efektif box girder mencapai 90 m.
Dalam tugas akhir ini, dihasilkan balok box girder pratekan pilar sudah tidak menghalangi jalan yang terdapat di bawah fly over dengan panjang fly over sepanjang 173 m dengan bentang terpanjang 83m menggunakan penampang box girder beton dengan mutu 57 MPa dengan tinggi box 4,6 m, lebar jembatan 11.5 m. Tendon yang direncanakan adalah baja prategang dengan tegangan putus 1860 MPa unit 6-55 sebanyak 14 buah, 6-43 sebanyak 2, 6-37 sebanyak 12 buah, 6-15 sebanyak 10 buah dan 6-12 sebanyak 2 buah .Kolom pilar dengan dimensi 4.5 x 4.5 x 6.05 m3 dan pondasi tiang pancang dengan diameter 1200 mm dan direncanakan sejumlah 49 tiang per pilar.
================================================================================================
In reducing and anticipating congestion in Surabaya area Pemkot Surabaya is planning the construction of Fly Over Lingkar Dalam Barat Surabaya located on Jl. Margomulyo is planned to be connected with the Surabaya-Gresik toll road. The profiles used I girder with a maximum length of 42 m. However, in the design of the fly over of the there are pillars that block the flow of roads located under the fly over. This is due to the ideal length of beam profiles prestressed as 45 m.
In redesigning changes the position of the pillars contained under the fly over. To get an ideal profile for an existing landscape. As for spans that exceed 45 m, the authors chose to use the prerock girder box prestressed profile considering the effective length of the girder box reaches 90 m.
In this final project, the preregrated girder box of prestressed pillar is not blocked by the path which is under the fly over with the length of the fly over 173 m with the longest span of 83m using the concrete girder box section with quality 57 MPa with box height 4.6 m, width bridge 11.5 m. The planned tendons are prestressed steel with breaking voltage of 1860 MPa units 6-55 as many as 14 pieces, 6-43 as many as 2, 6-37 as many as 12 pieces, 6-15 as many as 10 units and 6-12 as many as 2 pieces. Column pillars with dimensions 4.5 x 4.5 x 6.05 m3 and a pile foundation with a diameter of 1200 mm and a planned number of 49 poles per pillar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.2 Pas m-1 2018
Uncontrolled Keywords: Fly Over, Prestressed Concrete, Box Girder, West inner ring road, Segmental
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 TG300 Bridges--Design and construction.
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Irvan Pratama Pasak
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:18
Last Modified: 12 Jan 2022 03:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53410

Actions (login required)

View Item View Item