Automatic Gain Control pada Audio Amplifier berdasarkan Jarak Pendengar

Nurvarianto, Daniel Dova (2018) Automatic Gain Control pada Audio Amplifier berdasarkan Jarak Pendengar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111240000016-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111240000016-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Amplifier pada umumnya memiliki gain yang hanya dapat diubah secara manual. Hal ini menjadi masalah saat kita menginginkan level suara output yang tetap meskipun jarak pendengar berubah. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah amplifier dengan gain yang dapat berubah-ubah secara otomatis sesuai dengan jarak pendengar. Pada penelitian ini telah dirancang dan dibuat sebuah amplifier yang gain-nya mampu berubah secara otomatis menyesuaikan level output suara berdasarkan jarak pendengar. Di sistem ini digunakan amplifier kelas B karena memiliki efisiensi yang tinggi. Lokasi di bagian pendengar dilengkapi dengan mikrofon sebagai sensor suara dan rangkaian level detector yang akan mengestimasi level audio yang diterima pendengar yang diimplementasikan dalam mikrokontroler arduino nano. Sinyal ini akan dikirim ke bagian amplifier utama melalui wireless communication NRF24L01. Sinyal tersebut kemudian diterima di bagian amplifier utama untuk mengatur penguatannya dengan menggunakan sistem pembagian tegangan dan rangkaian demultiplexer. Volume sistem amplifier ini dapat diatur dalam empat kondisi, yaitu 0,1%, 1%, 10%, dan 100%. Sistem amplifier ini diharapkan mempermudah pengguna untuk memperoleh level suara yang konstan secara otomatis yang tidak bergantung jarak, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan pendengar dan efisiensi daya listrik yang digunakan.
============================================================================================================
Generally amplifier has gain that can only be set manually. This lead to a problem when we want the output sound level to be constant eventhough the audience’s distance changes. Because of that an amplifier with gain that can be set automatically is needed. In this research an amplifier with gain that can be set automatically with relation to audience’s distance has been designed and made. A class B amplifier is used because of it’s high efficiency. In the audience we set a microphone as sound sensor and level detector circuit which will estimate audio level that is received by audience. This signal is sent to the main amplifier using nRF24L01 module. This signal then is used to control gain using voltage divider and demultiplexer. This amplifier’s volume can be set in four conditions: 0,1%, 1%, 10%, and 100%. This amplifier is to be expected to ease user to get a constant audio level automatically independent to the audience’s distance, so it can elevate audience’s comfort dan power efficiency.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.384 196 Nur a-1 3100018076241
Uncontrolled Keywords: Amplifier, Daya, decibel, Jarak, Penguatan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7871.58 Audio amplifiers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Daniel Dova Nurvarianto
Date Deposited: 02 Jan 2019 02:39
Last Modified: 14 Oct 2020 04:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53503

Actions (login required)

View Item View Item