Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Public E-Health Terhadap Penciptaan Public Value (Studi Kasus: Rumah Sakit PMR Kota Surabaya)

Wardani, Ria Rizki (2018) Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Public E-Health Terhadap Penciptaan Public Value (Studi Kasus: Rumah Sakit PMR Kota Surabaya). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[img] Text
09211650055005-Master_Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi menjadi sangat penting peranannya sebab telah terbukti bahwa dengan menggunakan teknologi informasi, efektifitas, efisiensi dalam melakukan sebuah proses lebih cepat tercapai. Dengan adanya layanan kesehatan yang cepat dan berkualitas diharapkan mampu meningkatkan publik value di masyarakat. Kualitas layanan dapat diperoleh dari kepuasan pelanggan yang terbentuk dari presepsi pelanggan. Salah satu bidang kesehatan yang sedang berkembang dengan mengadopsi teknologi informasi adalah E-Health. Inovasi E-Health di Indonesia dipelopori oleh pemerintah Kota Surabaya dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan datang ke puskesmas dan rumah sakit untuk mendaftar secara online, baik pasien baru maupun pasien lama. Sehingga, tidak ada lagi antrian panjang yang terjadi dan pasien pun dapat memperkirakan waktu untuk datang ke fasilitas kesehatan yang dituju. Antusias masyarakat Surabaya dalam memanfaatkan E-Health sistem pendaftaran online yang cukup tinggi sehingga memacu instansi kesehatan milik swasta lainnya untuk menerapkan sistem yang serupa. Rumah sakit PMR yang terletak di Kota Surabaya merupakan rumah sakit milik swasta bertaraf internasional yang telah menerapkan sistem serupa. Namun dalam kenyataannya sistem tersebut belum mampu menciptakan public value maksimum sesuai dengan harapan Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas layanan sistem pendaftaran online E-Health Rumah Sakit PMR kota Surabaya guna memaksimalkan penciptaan terhadap public value Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengambilan data responden untuk penelitian kuantitatif akan diambil di wilayah Kota Surabaya berdasarkan responden yang menggunakan aplikasi pendaftaran online E-Health. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah survey kuisioner menggunakan analisis data partial least square (PLS). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil menunjukkan E-health berpengaruh positif dan signifikan terhadap Public Value dengan nilai nilai original sample estimate sebesar 0.267 dan hasil uji t yang diperoleh nilai thitung (3.036) > ttabel (1.96). Artinya apabila E-health semakin baik, maka Public Value semakin meningkat. ============= Utilization of information technology becomes very important role because it had been proven that by using information technology, effectiveness, efficiency in doing a faster process is achieved. With the existence of fast and quality health service was expected to increase public value in society. Quality of service could be obtained from customer satisfaction formed from customer perception. One of the emerging areas of health by adopting information technology is E-Health. E-Health Innovation in Indonesia was spearheaded by the Surabaya City Government with the aim of making it easier for people to come to the puskesmas and hospitals to register online, both new patients and old patients. Thus, no longer long queues occur and the patient could estimate the time to come to the targeted health facility. Enthusiastic people of Surabaya in utilizing E-Health online registration system was high enough to spur other private health agencies to apply a similar system. PMR hospital located in Surabaya City is an international private hospital that had implemented a similar system. But in reality the system had not been able to create maximum public value in accordance with hospital expectations. This study aimed to analyze the influence of service quality online registration system E-Health Hospital PMR Surabaya city to maximize the creation of public value The research method used in this research was descriptive quantitative approach. Data collection of respondents for quantitative research would be taken in Surabaya City area based on respondents by using E-Health online registration application. The sampling technique used in this research was the questionnaire survey using partial least square data analysis (PLS). The number of samples in this study as many as 100 respondents. The result showed that E-Health had positive and significant effect to Public Value with original value sample estimate of 0.267 and t-test result obtained by t-count (3.036) > t-table (1.96). This means that if the better E-health, then the Public Value was increasing.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan; Kualitas Pelayanan; E-Health; Public Value; dan Partial Least Square (PLS); Customer satisfaction; Service Quality; E-Health; Public Value
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > (S2) Master Theses
Depositing User: Ria Rizki Wardani
Date Deposited: 25 Jul 2018 05:57
Last Modified: 25 Jul 2018 05:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53504

Actions (login required)

View Item View Item