Perancangan Sistem Deteksi dan Pelacakan Multi Objek yang Bergerak dengan Metode Optical Flow dan Pyramidal Lucas-Kanade

Pahlevi, Hafizh Nazhar (2018) Perancangan Sistem Deteksi dan Pelacakan Multi Objek yang Bergerak dengan Metode Optical Flow dan Pyramidal Lucas-Kanade. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111340000053_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02111340000053_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, perkembangan militer khususnya terkait persenjataan sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari mekanisme alat senjata sebagai eksekutor utama dalam penentuan berbagai target yang dituju. Target adalah suatu tujuan (output) untuk dicapai oleh penarget dengan suatu input yang melalui suatu proses tertentu. Pengukuran adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menentukan nilai suatu besaran dalam bentuk angka (kuantitatif). Jadi, mengukur adalah suatu proses mengaitkan angka secara empirik dan objektif pada sifat-sifat objek atau kejadian nyata sehingga angka yang diperoleh tersebut dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai objek atau kejadian yang diukur. Salah satu metode dalam pengukuran Teknik adalah dengan metode pengukuran visual suatu objek yang ditangkap oleh kamera (image processing).
Langkah-langkah dalam penelitian ini secara garis besar terdiri dari tiga langkah, yaitu proses persiapan, proses perancangan program, dan analisa data. Proses persiapan terdiri dari studi pustaka untuk mempelajari dasar-dasar dari penelitian, kemudian identifikasi dan perumusan masalah dilakukan pada penelitan. Selanjutnya adalah perancangan program. Rancangan program tersebut ditunjukkan untuk mendapatkan nilai koordinat (x,y), kecepatan (x’,y’), percepatan (x”,y’), sudut rotasi (θx), dan sudut elevasi (θy) objek pada layar.
Hasil yang diperoleh dari Tugas Akhir ini adalah sebuah program yang dapat mendeteksi multi objek bergerak dalam bentuk koordinat (x,y), kecepatan (x’,y’) percepatan (x”,y”), sudut rotasi (θx), dan sudut elevasi (θy) pada layar. Verifikasi objek dilakukan pada mobil mainan dalam kondisi intensitas cahaya tinggi (kondisi terang) dengan tingkat frames per second (fps) kamera maksimal sebesar 30 fps. Tingkat rata-rata eror program pada verifikasi yaitu, kecepatan sumbu x sebesar 2.72%, kecepatan sumbu y sebesar 2.43%, percepatan sumbu x sebesar 2.04%, percepatan sumbu y sebesar 2.62%, sudut rotasi sebesar 0.64%, dan sudut elevasi sebesar 1.51%.
==================================================================================================
Nowadays, militaristic weaponry had rapid development. This happened because mechanism of the weapon as a main executor for desired target. Target is an output desired by a subject with an input to by passing certain process. Measuring is a acticity for to scalling an object. So measuring is a process to connect numbers on empirical and objective way so the numbers we got describing the object that we measure. One of the method is visual measurement nowadays we called image processing.
Steps in this project as we outlined consists of three steps, preparation, design of program and analyzing data. Preparation consists of studying literature and then identification of problems, and then designing the program. The purpose of the program is to get coordinate, velocity, acceleration, rotational and elevation angle.
From this project we can get a program that can detect a moving multi object in the form of coordinates, velocity, acceleration, rotational and elevation angle. Object verification is done in the toy car on high intensity light condition (bright condition) with maximum fps amounts 30 fps. Error average on verification program is consists of : x velocity 2.72%, y velocity 2.43%, x acceleration 2.04%, y acceleration 2.62%, rotational angle 0.64%, and elevation angle 1.51%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Image processing, Optical Flow, Pyramidal Lucas-Kanade, mono camera, deteksi dan lacak objek.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
U Military Science > U Military Science (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Pahlevi Hafizh Nazhar
Date Deposited: 22 Jul 2021 22:55
Last Modified: 22 Jul 2021 22:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53670

Actions (login required)

View Item View Item