Desain dan Analisis Algoritma Pengoptimalan Skor Colour Brick Game dengan Penggabungan Fitur Pairing dan Possible Dissolve serta Penentuan Weight berbasis Algoritma Genetika Steady State: Studi Kasus SPOJ 18073

Nurliasari, Destiana (2018) Desain dan Analisis Algoritma Pengoptimalan Skor Colour Brick Game dengan Penggabungan Fitur Pairing dan Possible Dissolve serta Penentuan Weight berbasis Algoritma Genetika Steady State: Studi Kasus SPOJ 18073. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000148-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111440000148-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Colour brick game adalah permasalahan berbentuk permainan dimana pemain harus menyusunkan brick yang terdiri dari 3 kotak dengan nilai warna dan brick-brick tersebut harus disusun agar terdapat minimal 3 kotak dengan warna yang sama secara horizontal, vertikal atau diagonal, sehingga 3 kotak itu lenyap dan mendapatkan skor. Tujuan dari permasalahan ini adalah menyelesaikan permainan dengan skor semaksimal mungkin atau disebut optimasi skor.
Desain algoritma penyelesaian colour brick game ini mengacu pada penyelesaian permainan tetris dikarenakan kemiripan dari dua permainan tersebut. Tugas akhir ini menggunakan algoritma genetika untuk mendapatkan weight optimal yaitu weight yang menghasilkan skor optimal.
Proses pengujian mengaplikasikan weight hasil algoritma genetika dalam kode penyelesaian colour brick game yang diunggah pada SPOJ. Hasil pengujian dari tugas akhir ini memperoleh peringkat 1 pada ranking SPOJ.
===========================================================================================================
Colour brick is a game-shaped problem where player arrange brick that formed from 3 squares with colour value in every square and the brick must be arranged to form minimum 3 squares with same colour horizontal, vertical, or diagonal, for 3 squares to dissolve and player get score. Player don't get information about next input of brick colour combination. This problem purpose is to finish the game with maximum score or score optimization.
Design of algorithm to solve colour brick game refer to tetris solution because the similarity between the two games. This final project uses genetic algorithm to produce optimum weight that result in optimum score.
The testing process use weight result from genetic algorithm in solution code for colour brick game that uploaded to SPOJ. Testing result of this final project is rank 1 on SPOJ ranking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 003 Nur d-1 3100018076221
Uncontrolled Keywords: algoritma genetika , optimasi skor, tetris, weight
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402.5 Genetic algorithms. Interior-point methods.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nurliasari Destiana
Date Deposited: 06 Dec 2020 07:45
Last Modified: 23 Feb 2021 03:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53766

Actions (login required)

View Item View Item