Implementasi Algoritma Greedy untuk Optimasi Aksi Computer Player dalam Permainan Kartu Capsa Banting

Bangun, Evan (2018) Implementasi Algoritma Greedy untuk Optimasi Aksi Computer Player dalam Permainan Kartu Capsa Banting. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000169-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111440000169-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permainan kartu adalah jenis permainan yang sudah lama ada dan tidak asing lagi bagi seluruh kalangan masyarakat, baik trading cards ataupun playing cards. Permainan kartu ini pada umumnya dimainkan dengan lebih dari 1 orang. Tetapi seiring berkembangnya teknologi permainan kartu ini menjadi mungkin dimainkan seorang diri dengan munculnya program yang dapat memainkan suatu permainan dengan aksi tertentu atau lebih dikenal dengan Computer Player. Banyak algoritma yang bisa diterapkan pada Computer Player ini tergantung dari permainan yang akan dimainkan. Contoh permainan kartu yang bisa menjadi bisa dimainkan seorang diri karena adanya Computer Player adalah permainan kartu Capsa Banting. Pada penelitian ini penulis menawarkan sebuah cara penggunaan algoritma pemilihan kartu yang dapat digunakan untuk menentukan kartu terbaik yang bisa dikeluarkan oleh Computer Player. “Capsa banting” merupakan permainan kartu yang dirancang untuk smartphone berbasis android. Permainan ini menerapkan peraturan dasar permainan kartu pada umumnya, yaitu menghabiskan kartu di tangan secepat mungkin untuk memenangkan permainan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah cara agar kartu yang dikeluarkan adalah kartu terbaik yang dapat dikeluarkan. Untuk pemilihan kartu tersebut maka digunakan algoritma Greedy.
Untuk uji coba digunakan 4 pemain Computer Player, yang masing-masing menggunakan algoritma Greedy, yang akan memainkan permainan sebanyak 30 kali dimana setiap Computer Player memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Terdapat 3 tingkat kesulitan yang diterapkan untuk Computer Playernya yaitu easy, medium, dan hard. Hasilnya, Computer Player selalu mengeluarkan kartu yang terbaik yang dapat dikeluarkan pada tiap putarannya dengan hasil akhir Computer Player tingkat kesulitan hard memenangkan permainan lebih banyak daripada easy dan medium. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa algoritma Greedy ini bisa diterapkan dalam permainan kartu Capsa Banting.
======================================================================================================
Card games is a game that has long existed and familiar to all circles of society, whether it is trading cards or playing cards.Cards games are usually played by more than 1 person or player. But as technology advances theses card games become possible to played alone with the appearance of a program which can play a game with particular action, better known as Computer Player. There are a lot of algorithms that can be implemented in these Computer Players depending on the games to beplayed. An example of a card game which can be played alone with the help of Computer Players is Big 2 card game. “Capsa Banting” is a card game designed for an Android-based Smartphone. This game implements the basic rules of card games in general, which is to spend the card in hand as fast as possible and win the game. In this study the author offers a way of using a cardselecting algorithm which can be used to determine the best card the Computer Player can play. Therefore it is crucial to make sure that the card played is the best card possible. Thus for the card selection, Greedy Algorithm is used Trials will use 4 Computer Players with Greedy algorithm implemented, which has different difficulty level, playing 30 matches. There are 3 levels of difficulties implemented in the game, which are easy, medium, and hard. The results are, the Computer Players successfully played the best card possible on each turn of the game, which ultimately leading to the Computer Player with hard difficulty implemented, winning more matches than the Computer Players with easy or medium difficulties.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Greedy, capsa banting, Computer Player
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA269 Game theory
Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Q Science > QA Mathematics > QA9.58 Algorithms
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Evan F Nathanael Bangun Mulia
Date Deposited: 06 Jan 2021 08:44
Last Modified: 06 Jan 2021 08:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53947

Actions (login required)

View Item View Item