Arahan Peningkatan Penggunaan Moda Bus Trans Sarbagita pada Koridor 1 di Kota Denpasar

Utama, Putu Audrina (2018) Arahan Peningkatan Penggunaan Moda Bus Trans Sarbagita pada Koridor 1 di Kota Denpasar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08211440000062-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Kemacetan terjadi akibat meningkatnya jumlah kendaraan pribadi sedangkan petambahan dan pelebaran ruas jalan meningkat dalam jumlah kecil. Dalam mengurangi tingkat kemacetan, Provinsi Bali menyediakan angkutan umum Bus Trans Sarbagita sejak tahun 2011. Namun tingkat penggunaan kendaraam pribadi masih tinggi sebanyak 91,2%, sedangkan penggunan angkutan umum hanya sebesar 8,8%. Rata-rata load factor dari Bus Trans Sarbagita pada tahun 2012-2017 juga tidak pernah mencapai 50%, yaitu sebesar rata-rata 28,95%. Oleh karena itu, perlu dirumuskan arahan peningkatan penggunaan moda Bus Trans Sarbagita di Koridor 1 Kota Denpasar. Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis statistik deskriptif terhadap 15 variabel yang diuji terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan melalui analisis Cross Tab untuk mengetahui variabel apa saja yang memiliki pengaruh terhadap penggunaan moda Bus Trans Sarbagita, serta mengetahui variabel yang memiliki pengaruh kuat terhadap penggunaan moda Bus Trans Sarbagita. Selanjutnya dilakukan analisis preferensi dengan membandingkan nilai eksisting dengan nilai preferensi yang diinginkan, dengan memprioritaskan variabel yang memiliki pengaruh kuat. Terakhir, ditentukan arahan guna meningkatkan penggunaan moda Bus Trans Sarbagita. Hasil studi menunjukkan terdapat 10 variabel yang berpengaruh terhadap penggunaan moda Bus Trans Sarbagita, dengan 3 variabel memiliki pengaruh yang kuat yaitu waktu tunggu, biaya dan keandalan. Berdasarkan variabel yang memiliki pengaruh kuat, dilakukan analisis preferensi dan diketahui bahwa waktu tunggu preferensi preferensi rata-rata adalah selama 13,75 menit, biaya preferensi rata-rata sebesar Rp122,00/km atau sebesar Rp3.000,00 untuk satu kali perjalanan, dan tingkat keandalan preferensi rata-rata pada tingkat 4 yaitu handal. Selanjutnya ditentukan arahan guna meningkatkan penggunaan moda Bus Trans Sarbagita pada Koridor 1 di Kota Denpasar. Arahan yang terbentuk berjumlah 6 arahan utama dan 11 arahan pendukung. ========================================================================================================= Congestion occurs due to the increase of private vehicles while the addition and widening of roads increases in small quantities. In reducing the congestion level, the Province of Bali provides public transportation named Trans Sarbagita since 2011. However, the private vehicle utilization rate is still high reaching 91.2%, while the use of public transportation is only 8.8%. The average load factor of Bus Trans Sarbagita in 2012-2017 also never reaches 50%, which is an average of 28.95%. Therefore, it is necessary to formulate the effort of increasing the use of Trans Sarbagita Bus Modes in Corridor 1 Denpasar City. The research is conducted by conducting statistical descriptive analysis on 15 tested variabel. Then it continued to Cross Tab analysis to find out which variable that influencing the use of vehicle in Corridor 1 in Denpasar City. Cross Tab analysis also used to find out the strength of the variables in influencing the use of vehicle. Furthermore, the preference analysis is done by comparing the existing value with the desired preference value, by prioritizing the variables that have strong influence. Finally, efforts are determined to increase the use of Trans Sarbagita. The results of the study show that there are 10 variables that influence the use of the Trans Sarbagita, with 3 variables having strong influence on waiting time, cost and reliability. Based on the strongly influenced variables, a preference analysis was performed and it was found that the average preference preferences waiting time was 13.75 minutes, average preference cost of Rp122.00 / km or Rp3,000 for one trip, and reliability level of average preference at level 4 is reliable. Then the effort is determined to increase the use of Trans Sarbagita in Corridor 1 in Denpasar City. There are 6 main efforts and 11 supporting efforts.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 388.32 Uta a-1 3100018077105
Uncontrolled Keywords: Analisis Cross Tab, Faktor Penggunaan Moda, Trans Sarbagita
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Putu Audrina Utama
Date Deposited: 05 Dec 2020 09:29
Last Modified: 18 Dec 2020 06:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53968

Actions (login required)

View Item View Item