Pengaruh Recycle Terhadap Fotokatalitik Performance dari Nanopartikel Ag/ZnO yang Disintesa dengan Metode Pirolisa Flame

Damayanti, Nurul Ika and Nusantara, Ananta Galih (2018) Pengaruh Recycle Terhadap Fotokatalitik Performance dari Nanopartikel Ag/ZnO yang Disintesa dengan Metode Pirolisa Flame. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02211440000050-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02211440000050-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zinc oksida telah banyak digunakan dalam bidang pengolahan limbah dikarenakan kestabilannya, salah satunya sebagai fotokatalis pendegradasi zat warna, namun konversinya masih rendah dan pemakaiannya hanya sekali pakai. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk meningkatkan aktivitas fotokatalitiknya, salah satu caranya dengan penambahan doping perak (Ag) serta diperlukan penelitian untuk mengetahui apakah nanokomposit ini dapat dipakai kembali atau tidak. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh recycle nanopartikel Ag/ZnO yang disintesa dengan menggunakan metode flame pirolisis dan pengaruh laju alir carrier gas terhadap performa dari aktivitas fotokatalitik serta terhadap morfologi partikel. Kristal Zinc Acetate Dihydrate dan kristal Silver Nitrate digunakan sebagai prekursor pada penelitian ini. Dari hasil XRD menunjukkan bahwa keberadaan Ag mulai terlihat pada Ag 5% wt, dengan peak tertinggi pada sudut 30o-40o terlihat pada Ag 10 % wt dengan laju alir carrier gas 1 L/menit. Sedangkan pada EDX, Ag terlihat pada doping 1%, 5%, serta 10%. Hasil SEM menunjukkan morfologi nanokomposit Ag/ZnO berbentuk sphere. Semakin besar doping Ag, semakin besar pula diameter partikel yaitu 65 nm. Semakin besar laju alir carrier gas, ukuran diameter nanopartikel akan semakin besar pula. Uji fotokatalitik dilakukan dengan mengevaluasi degradasi methylene blue dibawah sinar UV. Hasil fotokatalitik menunjukkan bahwa nilai degradasi methylene blue untuk setiap recycle tidak berbeda jauh dengan variabel sebelum direcycle. Performance terbaik pada saat konsentrasi Ag 5% wt pada laju alir 1 L/menit dengan laju degradasi sebesar 75,76% dan nilai k sebesar 0.0141/menit dibawah sinar UV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: degradasi, efisiensi, fotokatalitik, nanokomposit, recycle
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP248 Nanogels. Nanoparticles.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Chemical Engineering > 24201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nurul Ika Damayanti
Date Deposited: 18 Jun 2021 13:28
Last Modified: 18 Jun 2021 13:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54028

Actions (login required)

View Item View Item