Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Supply Chain Dengan Menggunakan Framework Scor Model Pada Industri Pengolahan Aspal

Yukafaza, Annisanastasia Deianeira Yukafaza (2018) Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Supply Chain Dengan Menggunakan Framework Scor Model Pada Industri Pengolahan Aspal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Annisanastasia D. Y._02411440000060_Repository.pdf]
Preview
Text
Annisanastasia D. Y._02411440000060_Repository.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Supply chain memiliki peranan penting dalam proses aliran material mulai dari pasokan bahan baku oleh supplier sampai produk jadi ke tangan customer. Salah satu aktivitas yang diperlukan adalah pengukuran kinerja supply chain, yang membantu adanya kesesuaian antara strategi perusahaan dan pengukuran kinerja serta menentukan apakah sebuah perbaikan diperlukan. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan pengukuran kinerja supply chain untuk mengetahui sejauh mana performansi supply chain perusahaan telah tercapai. Sehingga prioritas tindakan perbaikan dapat diberikan pada indikator kinerja supply chain perusahaan yang masih di bawah target. Menurut penelitian pada industri pengolahan aspal dengan menggunakan metode SCOR Model, didapatkan nilai pencapaian performansi supply chain perusahaan secara keseluruhan adalah sebesar 78,68%. Dengan melakukan pembobotan menggunakan AHP dan perhitungan scoring system, dapat diketahui tiga indikator kinerja supply chain yang perlu segera mendapatkan tindakan perbaikan. Indikator yang berada dalam kategori merah yaitu cash-to-cash cycle time dengan nilai 20%. Untuk indikator yang berada dalam kategori kuning yaitu upside source flexibility dengan nilai 50% dan inventory turnover sebesar 50%. Berdasarkan ketiga indikator tersebut dilakukan identifikasi permasalahan untuk menentukan usulan mitigasi yang sesuai dengan menggunakan FMEA dan Root Cause Analysis. Dengan melakukan perbaikan pada indikator tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan performansi supply chain pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja Supply Chain, SCOR Model, SCOR Metrics, AHP, FMEA.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4529 Investment analysis
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Annisanastasia Deianeira Yukafaza
Date Deposited: 21 Jun 2021 10:29
Last Modified: 21 Jun 2021 10:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54131

Actions (login required)

View Item View Item