Natasha, Sovianita (2018) Pemodelan Probabilitas Penggunaan Moda Kereta Komuter Bagi Pekerja Ulang-Alik Sidoarjo-Surabaya di Kecamatan Waru. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08211440000076-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Surabaya yang terkena ekspansi akibat dari keterbatasan lahan di Kota Surabaya, yakni berupa perluasan permukiman terutama bagi pekerja. Fenomena ini menyebabkan terjadinya peningkatan pergerakan ulang-alik dari Kecamatan Waru ke Kota Surabaya. Penggunaan kendaraan pribadi oleh pekerja menyebabkan terjadinya kemacetan pada jam puncak berangkat dan pulang kerja. Kereta komuter Surabaya-Porong (SuPor) disediakan guna meminimalisir terjadinya kemacetan masih belum digunakan secara efektif dan rendah peminat. Load factor kereta komuter SuPor hanya 13%, selain itu Stasiun Waru merupakan stasiun keberangkatan dengan jumlah penumpang paling rendah. Sebagai upaya optimalisasi penggunaan Kereta Komuter SuPor perlu dilakukan kajian mengenai faktor-faktor yang memengaruhi probabilitas penggunaan moda kereta komuter bagi pekerja ulang-alik Sidoarjo-Surabaya di Kecamatan Waru.
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model probabilitas penggunaan moda kereta komuter bagi pekerja ulang-alik Sidoarjo-Surabaya di Kecamatan Waru. Untuk mencapai tujuan penelitian, terdapat tiga sasaran yang harus dicapai, yaitu: 1) mengidentifikasi karakteristik pekerja dan pola pergerakan bagi pekerja ulang-alik Sidoarjo-Surabaya di Kecamatan Waru dengan statistik deskriptif; 2) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan moda bagi pekerja ulang-alik Sidoarjo-Surabaya di Kecamatan Waru dengan regresi logit biner; dan 3) memodelkan dan mengestimasi probabilitas penggunaan moda kereta komuter bagi pekerja ulang-alik Sidoarjo-Surabaya di Kecamatan Waru dengan regresi logit biner.
Berdasarkan hasil analisis, variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan moda kereta komuter adalah jarak perjalanan (X9), waktu (X10), biaya (X11), dan kemudahan mencapai tujuan (X12) dan yang paling berpengaruh terhadap penggunaan moda adalah kemudahan mencapai tujuan. Variabel waktu merupakan variabel dengan peningkatan probabilitas tertinggi dari kondisi eksisting dan estimasi sebesar 19,44%, lalu variabel kemudahan mencapai tujuan sebesar 7,05%, dan variabel biaya sebesar 4,39%.
============================================================================= Waru sub-district is a suburban area of Surabaya affected by expansion due to limited land in the form of expansion of the main settlement for workers. This phenomenon led to an increase in commuter movement from Waru to Surabaya. The use of private vehicles by workers causes congestion at peak hour. Unfortunately Commuter Train Surabaya-Porong (SuPor) which provided to minimize the congestion is still low demand and has not been used effectively, shown by the load factor of SuPor is only 13%. Waru Station is the departure station with the lowest number of passengers from the all station passed by SuPor. As an effort to optimize the use of SuPor Commuter Train, it is necessary to study the factors that influence the probability of using commuter trains for Sidoarjo-Surabaya commuting-workers in Waru.
The purpose of this research is to compile the model of probability usage of the commuter train for Sidoarjo-Surabaya commuting-workers in Waru. This research has three stages: 1) identify the workers characteristic and travel behavioral of Sidoarjo-Surabaya commuting-workers in Waru sub-district using statistic descriptive; 2) analyze factors that affect the usage of mode for Sidoarjo-Surabaya commuting-workers in Waru Subdistrict using binary logistic regression; and 3) modelling dan estimate the usage probability of commuter train for Sidoarjo-Surabaya commuting-workers in Waru sub-district using binary logistic regression.
Based on the results of the analysis, variables that significantly affect the usage of the commuter train are travel distance (X9), time (X10), cost (X11), and ease of reaching the destination (X12). Ease of reaching the destination is the most influential variable to increase mode usage. Time is a variable that has the biggest difference between the existing probability and the estimate up to 19.44%, followed by the ease of achieving the goal variable of 7.05%, and the variable cost of 4.39%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model probabilitas, kereta komuter, pekerja ulang-alik |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Natasha Sovianita |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 23:56 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 23:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/54207 |
Actions (login required)
View Item |