Arahan Pengembangan Kawasan Industri Maritim di Wilayah Brondong-Paciran, Kabupaten Lamongan

Mahaputra, Gema Patria (2018) Arahan Pengembangan Kawasan Industri Maritim di Wilayah Brondong-Paciran, Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211440000073-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08211440000073-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Lamongan merupakan salah satu kabupaten yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bidang industri maritim. Penetapan sebagai kawasan ekonomi khusus tersebut tidak terlepas dari potensi infrastruktur dan ketersediaan lahan yang cukup di Kabupaten Lamongan. Pembangunan kawasan industri maritim di Kabupaten Lamongan telah direncanakan pada lahan seluas 4.000 Ha namun hingga saat ini masih belum terdapat proses pembangunan kawasan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan arahan pengembangan kawasan industri maritim di wilayah Brondong - Paciran, Kabupaten Lamongan.
Tahapan awal penelitian ini adalah mengidentifikasi permasalahan yang ada di kawasan industri maritim dengan metode content analysis. Tahap selanjutnya adalah mengidentifikasi alur kegiatan industri yang ada di kawasan industri maritim dengan deskriptif komparatif kemudian mengidentifikasi faktor-faktor pendorong pengembangan kawasan industri dengan analisis Delphi dan tahap terakhir adalah merumuskan arahan pengembangan kawasan industri maritim berdasarkan faktor-faktor pendorong pengembangan kawasan industri dengan analisis deskriptif komparatif dan analisis Delphi.
Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa permasalahan yang terdapat di kawasan industri maritim Kabupaten Lamongan adalah pembebasan lahan, jaringan air bersih, jaringan transportasi, industri pendukung dan kelembagaan. Pengembangan yang dapat dilakukan berupa pendekatan dengan pemilik lahan yang didampingi oleh tokoh masyarakat dan BPN, pengelolaan air bersih secara mandiri, pelebaran jalan dan menghubungkan kawasan dengan jalan tol, pembentukan klaster industri pendukung dan pembentukan kelembagaan pengelola kawasan industri.
==========================================================================================================
Lamongan Regency is one of the regencies determined as Special Economic Zone (SEZ) in maritime. The determination as special economic zone is separated from the adequate potential infrastructure and land availability in Lamongan Regency. Maritime industrial estate development in Lamongan had been planned on an area of 4,000 Ha but there had been no development process of the area yet. Therefore, the research aimed to formulate the direction of maritime industrial estate development in Brondong-Paciran area, Lamongan Regency.
The initial stage of the study was identification of problems existing in the maritime industrial estate using content analysis method. The next stage was identification of industrial activities flow existing in the maritime industrial estate using descriptive comparative analysis, then identification of the supporting factors of industrial estate development using descriptive comparative analysis and Delphi analysis.
The result of the study showed that the problems existing in the maritime industrial estate of Lamongan Regency were land acquisition, clean water network, transportation network, supporting industries, and institutional. The development that can be done was in form of approach to land owner accompanied by public figure and BPN, independent clean water management, road widening, and connecting the area to toll road, formation of supporting industrial clusters, and formation of industrial estate management institutional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 711.552 4 Mah a-1 3100018077043
Uncontrolled Keywords: Kawasan Industri, Industri Maritim, Infrastruktur, Kawasan Ekonomi Khusus, Pengembangan Kawasan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mahaputra Gema Patria
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:21
Last Modified: 30 Nov 2020 03:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54308

Actions (login required)

View Item View Item