Game Puzzle Multiplayer Berbasis Oculus Rift Virtual Reality dan Kinect ( Implementasi Oculus Rift dan Kinect )

Daniswara, Saddhana Arta (2018) Game Puzzle Multiplayer Berbasis Oculus Rift Virtual Reality dan Kinect ( Implementasi Oculus Rift dan Kinect ). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000191-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111440000191-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi membuat banyak perubahan terutama dalam perkembangan aplikasi permainan, salah satunya adalah pengaplikasian virtual reality dalam permainan. Virtual reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk masuk kedalam dunia virtual dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Pengaplikasian VR selain dalam permainan juga digunakan untuk medis, militer, dan edukasi.
Kinect merupakan teknologi yang memungkinkan komputer untuk mendeteksi seluruh tubuh user untuk digunakan sebagai input. Kinect dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti game, pendidikan, kesehatan, dan fashion.
Puzzle merupakan salah satu genre permainan yang sangat populer untuk edukasi, karena permainan dengan genre puzzle mengharuskan pemainnya untuk berpikir jika ingin menyelesaikan permainan.
Penulis memilih untuk menggabungkan teknologi VR dengan Kinect karena penulis menyadari kekurangan dari masing masing perangkat. Penulis berharap dengan menggabungkan kedua teknologi, dapat melengkapi kekurangan dari kedua perangkat. Permainan yang dibuat mengambil genre puzzle, karena genre ini memungkinkan untuk digunakannya perangkat Kinect dan Oculus Rift secara bersamaan. Permainan puzzle ini berjudul ‘Unknown’. Permainan ini dimainkan oleh dua orang pemain. Salah satu pemain menggunakan Oculus Rift dan yang yang satunya menggunakan Kinect. Pemain saling berkoordinasi untuk menyelesaikan teka teki yang diberikan.
Uji coba dilakukan dengan menjalankan semua kasus penggunaan yang telah dirancang sebelumnya. Setiap fungsi harus bisa dijalankan tanpa adanya kendala. Uji coba Oculus Rift dan Kinect dilakukan secara bersamaan.
Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa permainan Unknown telah berjalan sesuai dengan yang telah dirancang. Namun deteksi dari Kinect masih dapat disempurnakan.

=======

Technological advances make the solution in the application process, one of which is the application of virtual reality in the game. Virtual reality (VR) is a technology that allows users to enter the virtual world and use the environment. VR application in addition to in-game also for medical, military, and education.
Kinect is a technology that allows computers to detect the entire body of the user to serve as input. Kinect can be used in various fields such as games, education, health, and fashion.
Puzzles is one of the most popular game genres for education, because games with the puzzle genre require players to think if they are happy to play.
The author chose to use VR technology with Kinect because the authors found each device. Software with good technology, can be broadcast from the second device. The games that are made take the puzzle genre, as this genre allows for Android devices Kinect and Oculus Rift simultaneously. The game puzzle entitled 'Unknown'. This game is played by two players. One player uses Oculus Rift and the one who uses Kinect. Players coordinate each other to cultivate a given puzzle.
Trials are performed using all pre-designed use cases. Each function must be able to run in the absence of inventory. Oculus Rift and Kinect trials are conducted simultaneously.
From the test results it can be concluded that the unknown game has been running in accordance with the one that has been designed. But detection from Kinect can still be refined.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Oculus Rift, Kinect, dungeon, puzzle
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Saddhana Arta Daniswara
Date Deposited: 24 Jun 2021 05:39
Last Modified: 24 Jun 2021 05:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54421

Actions (login required)

View Item View Item