Optimalisasi Peranan Taman Flora Sebagai Sarana Pendidikan Bagi Masyarakat Di Kota Surabaya

Pradana, Aurora Exacty (2018) Optimalisasi Peranan Taman Flora Sebagai Sarana Pendidikan Bagi Masyarakat Di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211440000017_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08211440000017_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Taman Flora merupakan salah satu taman di Surabaya yang potensial dalam pemenuhan hak masyarakat yang timbul dari kehadiran ruang publik hal ini terlihat dari lokasinya yang strategis, keberagaman fasilitas, dan dipilihnya taman tersebut sebagai lokasi pembelajaran di luar kelas. Namun di sisi lain Taman Flora belum optimal bagi anak usia 7-14 tahun apabila dilihat dari keberagaman program dan fasilitas yang mendukung pendidikan, serta kemudahan akses bagi seluruh kelompok masyarakat. Sehingga dibutuhkan upaya berupa penyusunan strategi untuk mengoptimalkan peranan Taman Flora.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun strategi optimalisasi peranan Taman Flora sebagai ruang publik sebagai sarana pendidikan masyarakat di Surabaya. Berdasarkan tujuan tersebut maka tahapan penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu identifikasi karakteristik Taman Flora dengan menggunakan metode analisa deskriptif dan analisa gambar, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan Taman Flora menggunakan metode IFAS dan EFAS, dan merumuskan strategi optimalisasi peranan Taman Flora menggunakan metode SWOT. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling pada anak-anak dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang, dan purposive sampling pada pakar/ahli yaitu 1 orang.
Berdasarkan hasil analisis, faktor-faktor yang mempengaruhi optimalisasi adalah adanya fungsi taman yang jelas sehingga dapat mendukung aktivitas pada taman, vegetasi yang sesuai dengan fungsi taman, serta aksesibilitas baik di dalam maupun di luar taman. Ketiga faktor tersebut diikuti dengan kebersihan taman, keamanan taman, dan ketersediaan fasilitas penunjang lain seperti toilet, tempat ibadah, pada taman. Sedangkan strategi yang dihasilkan memiliki terdiri dari empat tema yang berfokus pada penyediaan dan pemeliharaan sarana prasarana baik di taman maupun disekitar taman, membuat program yang mendukung aktivitas pendidikan pada taman, meningkatkan dan memperbaiki aksesibilitas, serta Menegaskan dan membuat peraturan walikota, pada Taman Flora terkait peran UPTD Taman Flora dan menegaskan status kepemilikan Taman Flora.
===========================================================================================================
Flora Park is one of the parks in Surabaya that potential in fulfilling the rights of the community arising from the presence of public space. This is evidently come from its strategic location, the diversity of facilities, and choosing the park as a location of learning outside the classroom. However, Flora Park is not optimal for children aged 7-14 years when viewed from the diversity of programs and facilities that support education, as well as easy access for all community groups. So it takes effort in the form of strategies to optimize the role of Flora Park.
The purpose of this research is to formulate the optimization strategy of Flora Park role as public space and as an education facility for citizen in Surabaya. Based on the objectives, the stages of this research consist of three stages: identification of Flora Park characteristic, Then using descriptive analysis method and mindmap by using drawing analysis. Analyzing factors influencing Flora Park development using IFAS and EFAS method. Finally formulating optimization strategy using SWOT method. The research used purposive sampling method, it consist of thirthy childrens and one expert.
Based on the analysis results, the factors that influence the optimization is the existence of a clear park function so that it can support the activities on the garden, vegetation in accordance with the function of the park, as well as accessibility both inside and outside the park. All three factors are followed by the cleanliness of the park, park security, and the availability of other supporting facilities such as toilets & places of worship. While in the result, the strategy consists of four themes: providing and maintaining the infrastructure facilities both in the park and around the park, creating programs that support educational activities in the park, fixing and improving accessibility, also affirming and making mayoral regulations, on Flora Park related to the role of UPTD Taman Flora and affirmed Flora Park ownership status.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 711.57 Pra o-1 3100018077035
Uncontrolled Keywords: Education, Influential Factor, Public Space, Optimization Strategy.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Pradana Aurora Exacty
Date Deposited: 17 Nov 2020 05:30
Last Modified: 03 Dec 2020 03:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54596

Actions (login required)

View Item View Item