Analisis Perbandingan Biaya Dan Waktu Penyambungan Pengelasan Tiang Pancang Posisi Tidur Dan Posisi Berdiri Dengan Metode Preboring Hyperstraight Pada Proyek Pltu Batang

Akbar, Rexy Chalid (2018) Analisis Perbandingan Biaya Dan Waktu Penyambungan Pengelasan Tiang Pancang Posisi Tidur Dan Posisi Berdiri Dengan Metode Preboring Hyperstraight Pada Proyek Pltu Batang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111440000090_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111440000090_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Metode konstruksi untuk pekerjaan sipil pada suatu proyek sangat menentukan waktu dan biaya proyek tersebut. Pekerjaan tanah pada PLTU Batang menggunakan metode preboring hyperstraight. Pada metode preboring hyperstraight, pengeboran titik dilakukan terlebih dahulu untuk menentukan kedalaman tanah keras. Ketika titik tersebut sudah mendapatkan kedalaman yang sesuai, tiang pancang dimasukan menggunakan pile driver. Di PLTU Batang, pengelasan tiang pancang dilakukan dengan posisi berdiri di titik yang sebelumnya sudah dibor menggunakan Pile Driver. Setelah selesai dilakukan pengelasan, tiang pancang tersebut diangkat oleh Crawler Crane lalu dipindahkan ke Pile Driver. Pada penelitian ini, metode konstruksi dimodifikasi pada pekerjaan pengelasan dengan cara posisi tidur. Pengelasan dengan posisi tidur membutuhkan platform berupa meja las yang didesain secara khusus agar mampu menahan berat dan posisi tiang pancang horizontal dalam proses pengelasan. Penelitian ini menggunakan 2 meja las yang digunakan sesuai dengan pembagian zona kerja di lapangan. Selanjutnya perbandingan dilakukan pada dua metode pengelasan dengan berdiri dan posisi tidur. Perbandingan dari kedua metode pengelesan ditinjau dari waktu dan biaya pada proses pengerjaannya. Perbandigan biaya ditinjau dari Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang meliputi bahan, alat berat, material, dan tenaga kerja, sedangkan perbandingan waktu dilakukan dengan melihat penjadwalan kegiatan pengelasan tiang pancang. Data didapatkan dari data sekunder dan hasil observasi di lapangan. Setelah dilakukan perbandingan didapatkan bahwa durasi pengerjaan dari kedua metode adalah sama yaitu 165 hari. Biaya yang diperlukan untuk pengelasan posisi berdiri adalah Rp 2.390.852.186 dan biaya yang diperlukan untuk pengelasan posisi tidur adalah Rp 2.481.828.480. Pengelasan posisi tidur menghasilkan peningkatan biaya sebesar 3%.
================================================================================================
The construction method for civil works on a project significantly determines the time and cost of the project. Soil work on PLTU Batang using preboring hyperstraight method. In the hyperstraight preboring method, drilling point is drilled first to determine the depth of hard soil. Then the pile is entered using the pile driver. In PLTU Batang, piles are welded in vertical position at a welding point that had previously been drilled using Pile Driver. After completion of welding process, the pile will be lifted by Crane then transferred to Pile Driver. In this study, the construction method is modified on the welding process by way of horizontal position. Welding process at horizontal position requires a platform of welded table designed specifically to be able to withstand the weight and position of the horizontal piles in the welding process. This study utilizes 2 welding tables that are used in accordance with the spesific working zones. Further comparison is done on two methods of welding with vertical and horizontal position. The comparison of the two methods is evaluated from project time and cost in the process. Cost comparasion is reviewed from the Budget Plan covering materials, heavy equipments, materials, and labor. Time comparison is performed by pile welding schedule develop. The data is obtained from secondary data and field observation. The conclusion of this study is the duration of both methods require 165 days. The cost required for vertical welding position is Rp 2,390,852,186 and the cost required for the horizontal position is Rp 2,481,828,480. Horizontal welding position results cost increase by 3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelasan, Tiang Pancang, Biaya, Waktu, Preboring Hyperstraight
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: Rexy Chalid Akbar
Date Deposited: 15 Jul 2021 09:26
Last Modified: 15 Jul 2021 09:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54675

Actions (login required)

View Item View Item