Transformasi ruang kampung space menjadi place di kampung Tambak Asri Surabaya sebagai kampung berkelanjutan

Rubianto, Lidia (2018) Transformasi ruang kampung space menjadi place di kampung Tambak Asri Surabaya sebagai kampung berkelanjutan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211440007002_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08211440007002_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kampung Tambak Asri termasuk wilayah administrasi Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. Kampung ini merupakan kawasan permukiman yang berada di pinggiran kota. Kampung Tambak Asri menunjukkan ciri-ciri ketidakberkelanjutan dalam fungsinya sebagai kawasan bermukim. Kondisi kumuh di lingkungan kampung Tambak Asri dan adanya kesenjangan sosial, memberikan kesan yang kurang teratur di kampung ini (surabaya.tribunnews.com). Kampung Tambak Asri juga dikenal sebagai Kampung prostitusi atau Kampung Kermil sejak tahun 1970an dan aktivitas ini ditutup oleh Pemerintah Kota pada tahun 2012 lalu. Memiliki angka kepadatan penduduk mencapai 10.198,6 jiwa/km2 (BPS,201). Tingginya angka kepadatan penduduk ini, turut merefleksikan kepadatan bangunan permukiman masyarakat. Sehingga, beragam kondisi tersebut menggambarkan ketidakseimbangan kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan di Kampung Tambak Asri.
Selain itu, di Kampung Tambak Asri juga terdapat kondisi undervalued penggunaan ruang-ruang Kampung, yakni adanya ruang terbuka publik yang tidak dimanfaatkan secara aktif oleh masyarakat karena kondisi minim fasilitas, tidak terurus dan dinilai kurang menarik untuk digunakan. Dan beberapa ruang cenderung memiliki kondisi penggunaan ruang (space) yang diabaikan (useless) sehingga masyarakat juga cenderung tidak memaknai ruang tersebut dengan menjaga kualitas lingkungan, dan hal ini dapat berdampak pada potensi peningkatan degradasi lingkungan serta penurunan kualitas kehidupan sosial masyarakat. Untuk itu, diperlukan tranformasi ruang untuk mendukung keberlanjutan Kampung melalui penelitian ini.
Adapun tujuan penelitian adalah merumuskan skenario transformasi pembentukan ruang dengan pendekatan placemaking. Pendekatan placemaking adalah suatu cara bagaimana menciptakan sesuatu yang spesial baik dari dalam atau luar ruang atau space (Nick Beattie dalam Place and Placemaking, 1985). Sasaran awal dimulai dengan mengidentifikasi persepsi penggunaan ruang-ruang di Kampung Tambak Asri oleh masyarakat sebagai pengguna dengan metode statistik deskriptif. Sasaran kedua yaitu menentukan tipologi ruang Kampung Tambak Asri berdasarkan persepsi pengunaannya dengan metode deskriptif kualitatif. Tahap ketiga yaitu merumuskan kriteria placemaking terhadap ruang Kampung Tambak Asri dengan metode expert judgement. Dan tahap akhir adalah menyusun skenario transformasi ruang Kampung Tambak Asri dengan pendekatan placemaking melalui metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian berdasarkan sasaran penelitian adalah : (1) Karakteristik persepsi penggunaan ruang Kampung meliputi persepsi adaptasi, preferensi bermukim, serta pola dan progresivitas ruang kampung, (2) tipologi ruang menurut pelingkupnya yaitu external public space, internal publik space dan external and internal “quasi” (3) kriteria placemaking untuk diterapkan di Kampung Tambak Asri meliputi sirkulasi, ruang terbuka, penanda, aktivitas sosial, acces & linkage dan comfort & image, dan (4) skenario transformasi ruang Kampung Tambak Asri dengan pendekatan placemaking. Skenario (scenario planning) tersebut bersifat paralel dan dijelaskan per unit sampling, sehingga diperoleh 45 skenario. Adapun skenario tersebut hanya dapat diterapkan pada kondisi kawasan studi saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 711.4 Rub t-1 3100018077049
Uncontrolled Keywords: Tambak Asri, transformasi, space, place, placemaking
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning
Depositing User: Lidia Rubianto
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:58
Last Modified: 03 Dec 2020 07:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54727

Actions (login required)

View Item View Item