Rancang Bangun Perangkat Lunak Sistem Informasi Akademik Generik Menggunakan Pola Perancangan Repository-Service pada Modul Penjadwalan

Rachmansyah, Rivaldo Alif (2018) Rancang Bangun Perangkat Lunak Sistem Informasi Akademik Generik Menggunakan Pola Perancangan Repository-Service pada Modul Penjadwalan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000010-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111440000010-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sistem Informasi Akademik (SIA) adalah sistem yang menyediakan layanan akademik di lembaga pendidikan. SIA menjadi elemen penting dalam sebuah institusi akademik karena kemampuan sistem ini yang dapat mengatur proses bisnis besar seperti perguruan tinggi. SIA sebagai wadah dari berbagai kebutuhan serta proses bisnis dituntut untuk memiliki sistem integrasi yang dapat menyatukan berbagi bisnis proses berbeda pada perguruan tinggi agar saling berkesinambungan. Untuk menangani kebutuhan tersebut, dalam Tugas Akhir ini dibangun sebuah sistem informasi untuk modul Penjadwalan yang bersifat generik. Tugas akhir ini mengacu pada kebutuhan SIA ITS yakni INTEGRA. Maksud dari sifat generik adalah proses-proses bisnis yang terdapat dalam sistem informasi dapat diaplikasikan ke dalam perguruan-perguruan tinggi secara umum. Tugas Akhir ini diharapkan dapat digunakan sebagai komponen dari sistem informasi akademik utuh yang akan diimplementasikan untuk perguruan-perguruan tinggi di Indonesia terutama ITS.
=====================================================================================================
Academic Information System (SIA) is a system that provides academic services in educational institutions. SIA has become an important element in academic institution because of the system capacity to manage a huge scale business process. As a component of various needs and business processes, SIA are required to have an integration system that can bring together different business process sharing in universities to be mutually sustainable. To manage those requirement, this undergraduate theses aims to develop an information system for Scheduling modules which have generic business process. This final project refers to the requirements of INTEGRA, SIA of ITS. Generic means that the feature which is included in the system is applicable to most of academic institution. Hopefully this undergraduate theses will be a solution for many academic institution wanting to have their own academic information system without having the requirement to build it from scratch.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Rac r-1 3100018076940
Uncontrolled Keywords: Generik, Modul Penjadwalan, Pola Perancangan Repository-Service, Sistem Informasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rivaldo Alif Rachmansyah
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:20
Last Modified: 30 Nov 2020 03:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54740

Actions (login required)

View Item View Item