Rancang Bangun Kerangka Kerja Sistem Informasi Akademik Modular Berbasis Web Dengan Pola Arsitektur Hierarchical Model-View-Controller Dan Repository Service Pattern

Ramadhana, Farhan (2018) Rancang Bangun Kerangka Kerja Sistem Informasi Akademik Modular Berbasis Web Dengan Pola Arsitektur Hierarchical Model-View-Controller Dan Repository Service Pattern. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000078-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111440000078-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) ITS sedang melakukan perubahan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) secara besar-besaran. Hal tersebut dilakukan karena sistem yang lama sudah tidak sesuai dengan keadaan pada saat ini. Banyak perubahan yang terjadi di kampus ITS sehingga mengakibatkan fungsionalitas yang terdapat pada SIAKAD harus diubah dan diganti dengan yang baru.
Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) pada perguruan tinggi dirancang untuk memudahkan dalam pengelolaan informasi seperti pengelolaan nilai mahasiswa, pengambilan matakuliah, penjadwalan matakuliah, menampilkan indeks prestasi semester, menampilkan prestasi kumulatif dan proses-proses yang berkaitan dengan akademik lainnya yang terdapat di perguruan tinggi. Semua proses tersebut nantinya akan diterapkan ke setiap modul-modul yang berkaitan. Adapun modul-modul tersebut antara lain: kurikulum, pembelajaran, ekivalensi, SAR, penilaian, wisuda, penjadwalan, FRS, SKEM, SKPI, dll.
Adapun kekurangan dari SIAKAD yang dimiliki ITS saat ini adalah sistem yang tidak modular, sehingga menyulitkan bagi pengembang untuk melakukan pengembangan terhadap sistem dan memakan banyak waktu untuk melakukan perubahan tersebut.
Pada tugas akhir ini akan membangun kerangka kerja sistem akademik yang bersifat modular dengan menggunakan arsitektur Hierarchical Model-View-Controller dan Repository-Service-Pattern. Pada kerangka kerja SIAKAD yang akan dibangun akan menerapkan RBAC (Role Based Access Control) sebagai aturan untuk hak akses user, protokol OAuth2 sebagai otorisasi, API, internationalization, push notification, dan logging
=================================================================================================
Nowadays, Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) ITS is doing change on the information system of academic (SIAKAD) massively. It’s done because of the existing system is not relevant to the present condition. Many changes that happen at ITS caused the existing functionality needs to be renewed.
SIAKAD on the colleges are designed to facilitate information management such as students scores management, choosing the subjects, classes scheduling, showing student’s GPA and other processes that relevant to the academic matters in the college. All those processes will be applied to every relevant module. Those modules are curriculum, learning, equivalency, SAR, scoring, graduation, scheduling, FRS, SKEM, SKPI, etc.
As for the deficiency of existing SIAKAD owned by ITS is the system which is not modular, so it is difficult for the developer to develop the system and take much time to do the change.
In this thesis, author will develop the framework of modular academic system by using Architectural Hierarchical Model-View-Controller and Repository-Service-Pattern. On the SIAKAD framework, which will be built, will be applied RBAC (Role Based Access Control) as the rules for user rights access, OAuth2 protocol as authorization, API, internationalization, push notification, and logging.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.76 Ram r-1 3100018077691
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akademik; OAuth2; RBAC; API; internationalization; push notification; logging.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farhan Ramadhana
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:23
Last Modified: 30 Nov 2020 04:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54769

Actions (login required)

View Item View Item