Putri, Siti Fatimah Danisah (2018) Peluang Pengembangan Kampung Unggulan di Kota Surabaya Sebagai Daya Tarik Wisata Menggunakann Konsep Branding. Undergraduate thesis, Iinstitut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08211440000084-Non_Degree.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berlokasi pada dua kampung unggulan yaitu Kampung Tas dan Kampung Sepatu yang sudah direncanakan menjadi obyek daya tarik wisata Kota Surabaya. Rencana ini masih belum dapat direalisasikan karena kedua kampung belum memiliki kelengkapan komponen pariwisata dan penerapan brandingnya kurang terencana. Hal ini dikarenakan penerapan branding masih dipahami secara sempit yakni hanya pada aspek visualisasi produk dan atraksi wisata yang dikembangkan. Dalam konteks pariwisata branding memiliki makna luas, yang juga berfokus pada citra kawasan. Dengan menerapkan konsep branding dalam pengembangan kampung wisata diharapkan dapat meningkatkan image kawasan kampung sebagai destinasi pariwisata yang berdaya saing. Peningkatan image kawasan kampung wisata perlu adanya langkah strategis dalam upaya branding kampung dan merancang pola pengembangan yang sesuai dengan kemampuan tiap kampung, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menentukan peluang pengembangan kampung unggulan sebagai kampung wisata.
Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan analisis. Pertama, mengidentifikasi variabel prioritas pembentuk komponen branding yang dilakukan dengan metode analytical hierarchy process (AHP). Kedua, mengidentifikasi penerapan eksisting branding kampung dengan metode rating dari hasil pilihan stakehoder. Ketiga, mengidentifikasi tipologi peluang pengembangan kampung wisata dengan metode klasifikasi sederhana. Sedangkan tahapan terakhir dilakukan dengan teknik analisis deskriptif untuk menyusun strategi peningkatan peluang pengembangan sebagai kampung wisata.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, kampung tas dan kampung sepatu memiliki peluang pengembangan yang rendah pada aspek brand positioning dan identifier. Sedangkan pada aspek brand personality, kampung tas dan kampung sepatu sudah berada pada kondisi sedang hingga tinggi. Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki untuk meningkatkan peluang pengembangannya dan meminimalisir kelemahan dalam hal branding kampung wisata. Sehingga perlu adanya strategi pengembangan kampung yang diintegrasikan dengan konsep branding “Sparkling Surabaya”.
============================================================
This research is located in two of leading kampung, which are Tas Kampung and Sepatu Kampung. This kampungs has been planned to be the tourism attraction of Surabaya City. The plan still can not be realized because the two kampungs do not have the completeness of tourism component and unplanned of branding application. This happens because the application of branding is still understood narrowly that only on the aspect of product visualization and tourism attraction. In the context of tourism branding has a wide meaning, which also focuses on the image of the region. By applying the branding concept in the kampung development, so that the competitive tourist destination can be improved. To reach it, kampung needs strategic step in branding effort and designing the pattern of development appropriate with the ability of each kampung, so this research aims to determine the opportunities for the development of kampung as tourism attraction.
This research is conducted through four stages of analysis. First, identifying the priority variable of branding component forming by analytical hierarchy process (AHP) method. Second, identifying the application of existing branding of kampung with the rating method of the choice result of stakeholder. Third, identifying the typology of tourism kampung development opportunity with simple classification method. While the last stage is done with descriptive analysis technique to arrange strategy of improvement of kampung development opportunity as tourism kampung.
Based on the analysis which has been done, Tas Kampung and Sepatu Kampung have low development opportunity on the aspect of brand positioning and identifier. While on the aspect of brand personality, Tas and Sepatu kampong are in medium to high condition. From the results, it can be seen that there are some needs to improved its development opportunity and simultaneously minimize the weakness in the branding of the tourism kampong. So, it needs for kampong development strategy to integrated with Surabaya branding concept “Sparkling Surabaya”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampung wisata, Strategi branding wisata, Peluang pengembangan kampung wisata |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV191.66 Outdoor recreation resources planning and management |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Putri Siti Fatimah Danisah |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 23:44 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 23:44 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/54812 |
Actions (login required)
View Item |