ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI POLI UMUM PUSKESMAS GEDANGAN

TYAS, IDA WAHYUNING (2016) ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI POLI UMUM PUSKESMAS GEDANGAN. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1313030042-Abstract.pdf] Text
1313030042-Abstract.pdf - Published Version

Download (317kB)
[thumbnail of 1313030042-Conclusion.pdf] Text
1313030042-Conclusion.pdf - Published Version

Download (256kB)
[thumbnail of 1313030042-Non Degree.pdf] Text
1313030042-Non Degree.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas, dalam kehidupan bernegara maka pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan yang diperlukan oleh masyarakat atau publik. Pada penelitian ini akan mengangkat topik yang berkaitan dengan pelayanan jasa yang didalamnya termasuk pelayanan jasa kesehatan melalui Puskesmas Gedangan yang terletak di Jalan Raya Gedangan No.330 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Sesuai dengan tanggung jawab puskesmas sebagai pengelola pelayananan kesehatan masyarakat maka perlu dilakukan penelitian mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas. Variabel pengukuran kepuasan pelayanan dikategorikan 5 dimensi yaitu tangibles, reliability, responsive, assurance dan emphaty. Pengambilan sampel menggunakan metode systematic sampling berdasarkan selang waktu pengambilan sampel 10 menit sehingga didapatkan sampel sebanyak 48 responden. Berdasarkan analisis karakteristik data diketahui bahwa pasien yang merasa puas terhadap pelayanan di Poli Umum Puskesmas Gedangan sebesar 90% dan yang tidak puas sebesar 10%. Sedangkan pada analisis Gap dan analisis kuadran menunjukkan bahwa atribut variabel atau pernyataan yang perlu diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan yaitu kemampuan dokter untuk cepat tanggap menangani dan menyelesaikan keluhan pasien, dan pasien merasa aman dan nyaman saat melakukan pengobatan di Puskesmas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.536 Tya a
Uncontrolled Keywords: Analisis Gap, Analisis Kuadran, Analisis Statistika Deskriptif, Kepuasan Pasien
Subjects: Q Science
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3
Depositing User: IDA WAHYUNING TYAS
Date Deposited: 08 Nov 2016 02:36
Last Modified: 27 Dec 2018 07:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item